Minang Geopark Cycling 2022, Mahyeldi: Jaga Kebersihan dan Keasrian Objek Wisata

Senin, 31 Oktober 2022, 17:06 WIB | Olahraga | Kab. Agam
Minang Geopark Cycling 2022, Mahyeldi: Jaga Kebersihan dan Keasrian Objek Wisata
Gubernur Sumbar, Mahyeldi melepas kegiatan Minang Geopark Cycling 2022 diikuti ratusan pesepeda, Ahad. (humas)

AGAM (30/10/2022) - Event Minang Geopark Cycling 2022 diikuti ratusan pesepeda. Setidaknya, 110 klub pehobi olahraga gowes yang berasal dari berbagai daerah, baik dalam maupun luar Provinsi Sumbar ikut memeriahkan even itu.

Kegiatan itu bertujuan untuk mengeksplor keindahan alam, khususnya yang berada di Geopark Ngarai Sianok-Maninjau. Kali ini, Minang Geopark City 2022, para goweser bakal menjajal kelok 44 menyusuri Danau Maninjau dari Lawang Park yang berakhir di Linggai Park, Ahad.

Sebelumnya, di etape pertama para pesepeda menyusuri lintasan Kawasan Geopark Ngarai Sianok menuju Lawang Park.

Melepas ratusan pesepeda, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan, di tahun 2023 yang akan datang, Pemprov Sumbar akan mengadakan iven-iven seperti ini. Tentunya, hal tersebut harus didukung dengan pembangunan infrastruktur, peningkatan hospitality.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Kemudian, pembukaan akses jalan seperti jalan Alahan Panjang menuju Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, akses jalan Malalak-Maninjau serta Pasaman Barat menuju Pelabuhan Teluk Tapang.

"Mudah-mudahan, dengan terbukanya berbagai akses jalan baru ini akan mendorong lebih banyak wisatawan ke beberapa objek wisata yang kita miliki di sumbar," ujar Mahyeldi.

Ia juga berpesan kepada seluruh bupati dan wali kota diberbagai wilayah Sumbar, untuk menjaga kebersihan dan keasrian objek wisata.

"Kesadaran kebersihan ini patut dibangun dari lapisan paling bawah, seperti Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) yang ada di berbagai Nagari," ungkapnya.

Baca juga: Sumbar jadi Tuan Rumah HKBN 2024, 30 Daerah akan Ikuti Simulasi Bencana Gempa dan Tsunami

"Sehingga, di tahun 2023 akan lebih membangkitkan gairah wisatawan untuk datang ke Sumbar," tutur Mahyeldi.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: