Pokdarwis dan Balawista Padang Dilatih Keamanan dan Keselamatan di Destinasi Wisata

Senin, 31 Oktober 2022, 21:31 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Pokdarwis dan Balawista Padang Dilatih Keamanan dan Keselamatan di Destinasi Wisata
Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Eri Sendjaya berfoto bersama dengan peserta pelatihan keamanan dan keselamatan di destinasi wisata. (veri rikiyanto)

PADANG (31/10/2022) - Untuk meningkatkan manajemen terkait pengelolaan kepariwisataan, Dinas Pariwisata Kota Padang menggelar pelatihan Keamanan dan Keselamatan di Destinasi Wisata, bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan Penyelamatan Wisata Tirta (Balawista) di Kota Padang.

Kegiatan ini diikuti 40 orang perwakilan dari Pokdarwis dan Balawista di sejumlah objek wisata yang ada di Kota Padang, di salah satu Hotel di Kota Padang, yang akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan yang dimulai hari ini, Senin (31/10/2022) hingga Rabu (2/11/2022).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Eri Sendjaya mengatakan, kegiatan ini untuk menyamakan persepsi Dinas Pariwisata terhadap pengelolaan pariwisata kepada Pokdarwis dan Balawista yang ada di Kota Padang ini.

"Jadi ini bertujuan melatih memberikan manajemen yang maksimal kepada mereka, kemudian bagaimana pola koordinasi dengan aparat terkait, sehingga begitu ada hal-hal yang tidak diinginkan maka apa yang sudah mereka lakukan, kemana harus berkoordinasi sudah bisa teratasi dengan cepat," ungkap Eri Sendjaya.

Baca juga: DP3AP2KB Gelar Sosialisasi Pusat Kreatifitas Anak Melalui Masjid Ramah Anak

"Sehingga pengunjung wisata merasa aman, merasa nyaman di seluruh objek wisata Kota Padang," sambungnya.

Dikatakan Eri Sendjaya, kegiatan ini sekaligus membentuk bagaimana mengelola pariwisata bagi Pokdarwis dan Balawista memiliki keahlian sendiri atau keahlian khusus, sehingga harapan pengembangan pariwisata Kota Padang semakin meningkat dan semakin terwujud.

"Kita berharap dengan pelatihan ini akan terus dilakukan secara simultan, sehingga tujuan dari pelatihan ini mendekatkan sasaran dari Progul Wali Kota Padang semoga terwujud, sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat dan jumlah kunjungan wisata juga bertambah," kata dia.

Sementara, Sekdako Padang, Andree Algamar yang juga sebagai salah satu pemateri dalam pelatihan tersebut menyampaikan apresisasi kepada Dinas Pariwisata terkait kegiatan pelatihan ini.

Baca juga: KPID Sumbar: Berikan Informasi yang Benar tentang Stunting

"Pertama kita berharap dari pelatihan ini para Pokdarwis dan Balawista ini bisa menciptakan keamanan dan kenyamanan pengunjung di lokasi wisata."

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: