Mahyeldi Kobarkan Semangat Perangi Narkoba di Apel Hari Bela Negara

Al Imran | Selasa, 01-11-2022 | 22:54 WIB | 159 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Mahyeldi Kobarkan Semangat Perangi Narkoba di Apel Hari Bela Negara<p>

Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan arahan pada Apel Peringatan Hari Bela Negara bersama Bupati, Wali Kota, Wali Nagari, Kepala Desa dan Lurah se-Sumbar, di Padang, Selasa. (humas)

PADANG (1/11/2022) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi komitmen membersihkan narkoba di nagari, desa dan kelurahan melalui program Desa Bersinar.

Hal ini merupakan tindaklanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) No 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (RAN P4GN) dan Prekursor Narkotika 2020-2024.

"Dalam rangka meningkatkan semangat bela negara dan cinta pada negara ini, mari kita seayun selangkah bebaskan nagari dan desa dari narkoba," ungkap Mahyeldi pada Apel Peringatan Hari Bela Negara (HBN) bersama Bupati, Wali Kota, Wali Nagari, Kepala Desa dan Lurah se-Sumbar, di Padang, Selasa.


Ditegaskan Mahyedi, seluruh elemen pasti menginginkan, peredaran narkoba di Sumbar ditekan seminimalisir mungkin. "Bersama-sama kita menyelamatkan generasi muda, yang mengancam seluruh sendi di tengah masyarakat," tegas Mahyeldi yang disambut teriakan kompak "siap" oleh peserta yang memadati lokasi apel.

Hadir dalam apel itu, jajaran Forkopimda, bupati, walikota serta wali nagari, kepada desa dan lurah se-Sumatera Barat, berkomitmen untuk bersama-sama memberantas penyalahgunaan narkoba mulai dari pemerintahan terdepan. Komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan bersama Desa Bersih dari Narkoba (Bersinar).

"Dengan lokus di nagari, desa dan lurah serta dengan kolaborasi dan sinergi Forkopimda, kita yakin dan percaya, peredaran narkoba bisa kita minimalisir. Bersama kita bisa, semoga Sumbar benar-benar bebas narkoba," sambung Mahyeldi.

Hadir, dalam apel yang menampilkan komandan apel, Camat Terbaik di Sumbar, Herru Rachman, tersebut, sebanyak 1.158 peserta yang terdiri dari wali nagari, kepala desa dan lurah se-Sumbar.

Dikesempatan yang sama, Mahyeldi juga memberikan apresiasi pada 28 nagari, desa dan kelurahan yang dinyatakan telah bebas narkoba.

Selain itu juga dilakukan pemasangan pin relawan anti narkoba serta penyerahan hadiah kepada nagari, desa dan kelurahan pemenang lomba bidang pemberdayaan dan pemerintahan desa tingkat Provinsi Sumbar tahun 2022.

Turut hadir dalam apel Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, perwakilan Danrem 032 WB, BNNP Sumbar serta sejumlah kepala daerah se-Sumbar. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar