Sumbar Rekrut 384 PPPK Nakes, Ini Link Pendaftaran dan Cara Cek Status

Al Imran | Rabu, 02-11-2022 | 19:22 WIB | 758 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Sumbar Rekrut 384 PPPK Nakes, Ini Link Pendaftaran dan Cara Cek Status<p>

Tangkapan layar portal pengecekatan status PPPK Nakes tahun 2022.

PADANG (2/11/2022) - Pemprov Sumatera Barat, akan menggelar seleksi pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan di tahun anggaran 2022 ini. Rekruitmen ini sesuai pengumuman No: 812/8685/BKD-2022 yang ditandatangani Sekda Hansastri tertanggal 31 Oktober 2022.

"Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan Seleksi P3K Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan di Pemprov Sumatera Barat Tahun 2022 ini, dapat menghubungi Call Center pada nomor 082170395795 setiap hari kerja pukul 08.00-16.00 WIB," ungkap Hansastri dalam pengumuman itu.

Ditegaskan Hansastri, setiap informasi yang terkait dengan seleksi P3K Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2022, akan diumumkan secara resmi pada laman

https://bkd.sumbarprov.go.id/.

"Kelalaian dalam membaca pengumuman dan dalam melakukan pendaftaran, jadi tanggung jawab peserta," tegasnya.

Terdapat 69 formasi dengan 384 orang calon P3K yang akan direkrut untuk ditempatkan di institusi layanan kesehatan milik Pemprov Sumbar. Seperti, RSJ HB Saanin, RS Achmad Muchtar, RS Paru Sumatera Barat, Balai Kesehatan Indera dan Mata (BKIM), RSU Pariaman, UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Sumbar dan RSUD M Natsir.

Disadur dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pelamar yang bisa mengikuti dan mendaftar seleksi PPPK jabatan fungsional kesehatan tahun 2022 terdiri dari dua kelompok, yaitu: Eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II) Tenaga kesehatan non-ASN yang terdaftar di SISDMK cut off 1 April 2022.

Diketahui, Pelamar PPPK Nakes tahun 2022 akan mengikuti seleksi administrasi, seleksi kompetensi teknis dan wawancara.

Seleksi kompetensi bagi pelamar PPPK tenaga kesehatan akan menilai kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural.

Link dan cara cek status PPPK tenaga kesehatan

Kemenkes telah menyediakan portal untuk melakukan pengecekan status PPPK tenaga kesehatan tahun 2022, melalui

https://nakes.kemkes.go.id/pppk2022.

Pengecekan status PPPK nakes ini bisa dilakukan dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kode captcha.

Cara untuk melakukan pengecekan status PPPK 2022 secara online sebagai berikut:

  1. Akses laman https://nakes.kemkes.go.id/pppk2022
  2. Masukkan NIK
  3. Masukkan kode captcha
  4. Klik periksa data
  5. Setelah itu, akan muncul informasi terdaftar atau tidaknya NIK yang dicari sebagai calon pelamar PPPK 2022.

Syarat khusus PPPK tenaga kesehatan

Untuk dapat mengikuti dan mendaftar seleksi PPPK nakes 2022, terdapat persyaratan khusus salah satunya memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) sesuai jabatan yang dilamar (bukan STR internship) yang masih berlaku saat pelamaran, dibuktikan dengan tanggal masa berlaku yang tertulis dalam STR.

Persyaratan STR ini dikecualikan bagi jabatan fungsional administrator kesehatan ahli pertama, entomolog kesehatan terampil, dan entomolog kesehatan ahli pertama. Bagi pelamar yang mensyaratkan STR wajib memiliki pengalaman paling singkat dua tahun untuk jenjang terampil dan pertama, tiga tahun untuk jenjang muda, serta lima tahun untuk jenjang madya sesuai dengan jabatan yang dilamar.

Sementara itu, pelamar yang tidak mensyaratkan STR wajib memiliki pengalaman dihitung dari masa kerja paling banyak berasal dari tiga tempat kerja yang berbeda, paling singkat tiga tahun untuk jenjang terampil dan pertama serta lima tahun untuk jenjang muda dan madya sesuai jabatan yang dilamar.

Adapun bagi pelamar penyandang disabilitas, dapat melamar pada jabatan yang diinginkan apabila mempunyai ijazah yang kualifikasi pendidikannya sesuai persyaratan, serta melampirkan dokumen atau surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah atau puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya.

Selanjutnya, menyeratakan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas.

Seleksi kompetensi bagi pelamar PPPK Nakes ini dilakukan dengan menilai kesesuaian:

  1. Kompetensi Teknis;
  2. Kompetensi Manajerial; dan
  3. Kompetensi Sosial Kultural

Informasi detail tentang rekrutmen PPPK tenaga kesehatan 2022 dapat diakses

di sini.

(kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar