Padang Gelar Workshop Penyusunan Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko

Rabu, 02 November 2022, 21:23 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Padang Gelar Workshop Penyusunan Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko
Sekdako Padang, Andree Algamar memberikan arahan pada Workshop Penyusunan Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko, Senin. (humas)

PADANG (1/11/2022) - Inspektorat Kota Padang menggelar Workshop Penyusunan Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko, Senin. Workshop ini digelar selama dua hari, Senin dan Selasa (1-2/11/2022).

Sekdako Padang, Andree Algamar menjelaskan, Insepktorat selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) memiliki tugas dan kewenangan untuk membantu kepala daerah dalam mengawasi penyelenggaraan pemerintahan, guna meningkatkan tata kelolahan pemerintah yang bersih dan pelayanan publik yang prima.

Oleh sebab itu, untuk mendukung tugas pengawasan tersebut perlu disusun perencanaan yang tertuang dalam program kerja pengawasanan tahunan, dengan prioritas pengawasan pada program dan kegiatan yang mendukung visi, misi dan sasaran RPJMD.

"Melalui workshop ini pimpinan OPD dapat belajar bagaimana mengendalikan resiko yang akan menjadi kendala dalam pencapaian target, program kegiatan, serta harus dapat merumuskan rencana tindak pengendalian, dan melakukan evaluasi secara berkala," ucap Andree.

Baca juga: DPRD Padang Sahkan Tiga Perda Selama Masa Sidang II Tahun 2023

"Kita yakin melalui perencanan pengawasan berbasis resiko, kegiatan pengawasan dapat difokuskan pada unit kerja yang berkontribusi signifikan pada tujuan pemerintah daerah dan mempunyai resiko yang tinggi, sehingga kegiatan pengawasan dapat berjalan efektif dan mendukung pencapaian tujuan," pungkas dia.

Sementara, Inspektur Kota Padang, Syuhandra mengungkap, workshop ini digelar untuk meningkatkan pengetahun dan pemahaman APIP dan perangkat daerah dalam menyusun register risiko, sehingga dapat disusun perencanaan pengawasan berbasis risiko sebagai dasar program kerja pengawasan tahunan yang dilaksanakan oleh Inspektorat.

"Peserta workshop ini terdiri dari kepala OPD, sekretaris, Kasubag perangkat daerah, APIP inspektorat, dengan total peserta sebanyak 140 orang. Worshop ini menghadirkan narasumber dari BPK Perwakilan Sumbar," ucapnya. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: