Bunda GenRe Padang Panjang Kenalkan Dampak Stunting pada Remaja PIK-R

Al Imran | Rabu, 02-11-2022 | 21:45 WIB | 167 klik | Kota Padang Panjang
<p>Bunda GenRe Padang Panjang Kenalkan Dampak Stunting pada Remaja PIK-R<p>

Bunda GenRe (Generasi Berencana), dr Dian Puspita jadi narasumber dalam kegiatan Apresiasi PIK-R SLTP 2022 se-Kota Padang Panjang di Aula LBK, Rabu. (kominfo)

PADANG PANJANG (2/11/2022) - Masalah stunting jadi topik utama saat Bunda GenRe (Generasi Berencana), dr Dian Puspita jadi narasumber dalam kegiatan Apresiasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) SLTP 2022 se-Kota Padang Panjang di Aula LBK, Rabu.

Bunda Dian menyampaikan, penting sekali bagi anak PIK-R untuk mengetahui masalah stunting. Karena informasi terkait stunting ini harus diketahui dari masa remaja, terutama anak perempuan. Selain itu mereka bisa memberikan informasi ini kepada masyarakat.

"Anak-anak PIK- R ini nantinya bisa memberikan informasi dan pelayanan terkait stunting ini kepada teman-temannya, bahkan masyarakat. Selain itu bagi diri sendiri juga sangat penting. Remaja perempuan ini dari sekarang sudah dicukupkan gizinya karena ke depan akan menjadi seorang ibu bagi anaknya," ujarnya.


Dampak jangka panjang dari stunting ini, tambah Bunda Dian, yaitu pada kesehatan akan terjadi penurunan tinggi badan saat dewasa dan kesehatan reproduksi, peningkatan obesitas dan komorbiditas.

Penurunan performa sekolah, kapasitas belajar, potensi yang tidak dapat dicapai. Untuk ekonomi, akan terjadi penurunan produktivitas dan kapasitas kerja.

"Salah satu untuk mengatasi stunting ini, konsumsilah makanan yang bergizi dari sekarang. jaga selalu lingkungan yang bersih, dan jangan diet untuk adik-adik karena akan menghambat pertumbuhan," ujar Dian.

Ia berharap informasi stunting ini bisa disampaikan PIK-R kepada teman-teman, keluarga dan masyarakat. Karena PIK-R ini adalah wadah informasi permasalahan bagi remaja. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar