Menteri PUPR Setujui Flyover Sitinjau Lauik Dibangun, Tol Padang-Sicincin Selesai Juli 2024

Rabu, 02 November 2022, 22:25 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Menteri PUPR Setujui Flyover Sitinjau Lauik Dibangun, Tol Padang-Sicincin Selesai Juli...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi mendampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Athari Gauthi Ardi (anggota Komisi V DPR RI) melihat langsung kondisi jalan nasional Sitinjau Lauik yang kerap longsor, Rabu. (humas)

PADANG (2/10/2022) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, melihat langsung kondisi jalan nasional Sitinjau Lauik, terutama pada titik longsor serta badan jalan yang rawan terban.

"Kementerian PUPR mendukung pembangunan Flyover Sitinjau Laut. Insya allah akan kita bangun tapi harus review DED dulu. Seluruh persoalan perizinan dan lahan diselesaikan Pemda," ujar Basuki saat melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat (Sumbar), Rabu.

Tampak, Basuki didampingi Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan Anggota DPR RI, Athari Gauthi Ardi. Mereka meninjau beberapa titik pembangunan dan rencana pembangunan, yakni Sitinjau Lauik, Pantai Padang dan Tol Padang -- Pekanbaru ruas Padang - Sicincin.

Usai peninjauan, Basuki berpesan pada Mahyeldi, agar memastikan jalan Sitinjau Lauik dibenahi dan perencanaan pembangunan flyover harus dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang. Namun dengan melakukan perubahan geometrik dan desainnya.

Baca juga: Kerugian Warga Padang Panjang Akibat Erupsi Gunung Marapi Capai Rp13 Miliar

Mahyeldi menyambut positif hal tersebut dan mengatakan akan segera menindaklanjuti arahan dan masukan dari menteri.

"Alhamdulillah, Pak Menteri memenuhi janji beliau untuk datang ke Sumbar dan melihat langsung proyek yang ada di Sumbar. Beliau berjanji akan datang ke Sumbar saat saya mengunjungi beliau beberapa waktu yang lalu," ungkap Mahyeldi.

"Alhamdulillah, banyak hal yang disampaikan kepada kami. Mudah-mudahan masukan tadi langsung diakomodir dengan merubah desainnya, sehingga dimulai perencanaan dan pelaksanaannya tahun 2023 nanti Insya Allah," kata gubernur.

Flyover Sitinjau Butuh Rp1,6 Triliun

Baca juga: Mudik Lebaran, Mahyeldi: Perbaikan Jalan Nasional yang Rusak Akibat Banjir Tuntas H-7

Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Sumbar, Era Sukma Munaf menyebut, untuk rencana flyover Sitinjau pada tahap pertama untuk kawasan Panorama I, dengan perkiraan dana Rp1,6 triliun.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: