Rapimwil DMI Sumbar Sepakati Perpanjangan Masa Bakti, Lahir 8 Rekomendasi termasuk Soal Pemilu

Al Imran | Kamis, 03-11-2022 | 21:31 WIB | 169 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Rapimwil DMI Sumbar Sepakati Perpanjangan Masa Bakti, Lahir 8 Rekomendasi termasuk Soal Pemilu<p>

Ketua PW DMI Sumatera Barat, Prof Duski Samad memperlihatkan tindak lanjut kerjasama dengan BSI, disela kegiatan Rapimwil DMI Sumbar, di auditorium gubernur Sumbar, Kamis.

PADANG (3/11/2022) - Rapat Pimpinan Wilayah Pengurus Dewan mesjid Indonesia (Rapimwil DMI) Sumatera Barat menyetujui perpanjangan kepengurusan PW DMI sesuai dengan masa bakti kepengurusan PP DMI.

"Rapimwil juga merekomendasikan, bagi Pengurus Daerah (PD) DMI yang sudah habis masa kepengurusan, agar segera melakukan Rapimda," ungkap Ketua PW DMI Sumatera Barat, Prof Duski Samad dalam pernyataan tertulis yang diterima, Kamis malam.

Rapimwil DMI Sumatera Barat ini digelar di auditorium gubernur Sumatera Barat. Kegiatan ini dibuka Kepala Biro Kesra mewakili gubernur. Rapimwil ini dihadiri utusan 16 PD DMI kabupaten/kota se-Sumatera Barat.


Dalam Rapimwil ini, sekaligus dilakukan penandatangan MoU DMI dengan Bank Syariah Indonesia (BSI). Juga disampaikan paparan tentang Edukasi Ekonomi dan Perbankan Syariah Bagi Jamaah Masjid di Sumatera Barat.

Selain itu, juga dilakukan kegiatan penyampaian laporan kemajuan kegiatan PW DMI Sumatera Barat periode 2019-2022, rencana konsolidasi dan program kerja tahun 2023-2024, pembahasan dan perumusan rencana kerja.

Juga disepakati, PW dan PD DMI akan mengerakkan masjid, agar terlibat aktif dalam DMI Award, KRBT (Kajian Rutin Bulanan Terintegrasi) dan kegiatan lainnya.

"Hal yang cukup krusial, PD DMI sepakat untuk menindaklanjuti pendirian ortom DMI, Prima Masjid, BKKM, IPKhI," ungkap Prof Duski Samad.

Adapun Rekomdasi Rapimwil PW DMI Sumatera Barat yakni:

1. Mengimbau semua elemen pengurus DMI, Pengurus Masjid, Mushala, Surau untuk aktif, parsitipatif dalam menyukseskan pesta demokrasi pemilihan umum dengan menjaga kesucian, independensi dan kemandirian masjid.

2. Meminta Pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten, Kota untuk memberikan dukungan dan bantuan kegiatan DMI dan Masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat.

3. PD DMI dan Pengurus Masjid diharapkan meningkatkan inovasi kegiatan masjid, seperti Masjid Ramah Musafir, Masjid Ramah anak dan masjid dengan focus sesuai kebutuhan daerah.

4. PD DMI menuntaskan konsolidasi organisasi, menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan umat dan lebih memberikan perhatian pada penguatan ketahanan umat dari berbagai pengaruh negatif yang semangkin membahayakan.

5. PW, PD DMI Kabupaten Kota mendukung dan memberikan fasilitasi kegiatan Wirid Remaja dan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh SMA-SMK se Sumatera Barat.

6. PD DMI Kab Kota mendukung dan memberikan fasilitasi terhadap Bimbingan Perkawinan (Bimwin) yang MoUnya sudah ditanda tangani antara PW DMI dengan Kanwil Kemenag Sumbar.

7. PD DMI dan Pengurus Masjid agar berusaha melakukan sertifikasi tanah wakaf masjid dan memaksimalkan bantuan ZISWAF.

8. Meminta Kemenag, Pemerintah Daerah dan tokoh masyarakat di lingkungan untuk menetapkan kewenangan penetapan surat keputusan Pengurus Masjid kepada Dewan Masjid Indonesia sesuai tingkatannya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar