40 Pedagang Pantai Air Manis Ikuti Pelatihan Pengelolaan Sampah dan Sanitasi

Al Imran | Kamis, 03-11-2022 | 23:04 WIB | 195 klik | Kota Padang
<p>40 Pedagang Pantai Air Manis Ikuti Pelatihan Pengelolaan Sampah dan Sanitasi<p>

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Eri Sendjaya Didampingi Kabid Destinasi, Diko Riva Utama memasangkan tanda peserta pada salah seorang peserta pelatihan, Kamis. (veri rikiyanto)

PADANG (3/11/2022) - Dinas Pariwisata Padang menggelar pelatihan terkait kebersihan lingkungan sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi pariwisata, Kamis.

Kegiatan yang akan digelar selama tiga hari itu, diikuti sebanyak 40 orang pedagang dan pelaku usaha di kawasan wisata Pantai Air Manis.

Kepala Dinas Pariwisata Padang, Eri Sendjaya saat membuka kegiatan ini mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk menciptakan kesamaan visi antara pemerintah dan masyarakat, terutama pelaku usaha dalam menjaga kebersihan objek wisata.


"Gunanya pelatihan ini diadakan dalam rangka upaya mengadvokasi pelaku usaha, untuk sama-sama menjaga kondisi K3 lokasi wisata, terutama kebersihan objek wisata dari sampah," kata Eri.

Dia menambahkan, kepedulian ini yang sedang digalang agar pelaku usaha memiliki keinginan yang kuat untuk sama-sama menjaga kebersihan, serta menciptakan Sapta Pesona di objek wisata tersebut.

Menurut Eri, pemerintah sifatnya sebagai fasilitator, namun semua fasilitas itu tidak akan berguna, jika dukungan masyarakat tidak sesuai ekspektasi ideal, maka masalah sampah tetap tidak akan teratasi.

"Melalui pelatihan ini kita memotivasi para pelaku usaha, untuk lebih meningkatkan kepedulian akan kondisi objek wisata, karena akan terkait dengan tingkat kunjungan yang tentunya akan sangat berdampak pada income para pelaku usaha itu sendiri," tambahnya.

Selain Kadis Pariwisata kota Padang, nara sumber lainnya adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Padang, Mairizon serta bertindak sebagai moderator Kepala Bidang Destinasi, Diko Riva Utama. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar