10 Peserta Ikuti Pelatihan Menjahit di PKBM Lokomotif

Sabtu, 05 November 2022, 20:05 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
10 Peserta Ikuti Pelatihan Menjahit di PKBM Lokomotif
Anggota Komisi IV DPRD Padang, Irawati Meuraksa menyerahkan peralatan menjahit pada salah satu peserta program pelatihan menjahit mukena bersama PKBM Lokomotif Padang, Sabtu. (veri rikiyanto)

PADANG (5/11/2022) - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Lokomotif, Kelurahan Sawahan Timur, Kecamatan Padang Timur, menggelar kegiatan belajar menjahit bagi kaum ibu dan remaja putri.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 10 hari tersebut, diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Padang Timur dan Kecamatan Padang Selatan.

Ketua PKBM Lokomotif, Nurul Maulida menjelaskan, kegiatan pelatihan berasal dari dana Pokir anggota Komisi IV DPRD Padang Irawati Meuraksa dan akan difokuskan pada pelatihan menjahit mukena.

"Para peserta akan selain akan dilatih bagaimana membuat mukena, juga akan diberikan bahan-bahan termasuk peralatan menjahit," kata Nunung, demikian Nurul Maulida karib disapa.

Baca juga: DPRD Padang Tuntaskan Pembahasan LKPj Tahun 2023, Perumda PSM hingga Banjir jadi Catatan

Anggota Komisi IV DPRD Padang, Irawati Meuraksa mengatakan, program ini dipilih untuk bisa memberdayakan kaum ibu dan remaja putri, dengan memberikan pelatihan keterampilan yang berhubungan langsung dengan kebutuhan dan dunia sehari-hari kaum perempuan.

"Saya ingin kegiatan ini bukan hanya sekadar pelatihan saja, namun harus ada action dan pengimplementasiannya, hingga bisa berdampak pada lahirnya UMKM-UMKM baru, yang dapat meningkatkan perekonomian keluarga," kata Irawati.

Irawati juga berjanji akan membantu tindak lanjut dari kegiatan ini, dengan turut membeli dan memasarkan, bahkan juga akan mengupayakan ketersediaan sarana pendukung, jika nanti para peserta mampu menghasilkan mukena yang berkualitas dan sesuai selera pasar.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang yang diwakili Kabid PAUD Dikmas, AH Azmi mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilakukan PKBM Lokomotif.

Baca juga: 45 Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek di Jakarta, Ini 6 Materi yang Dibahas

"PKBM harus mampu memaksimalkan keberadaan anggota dewan di wilayahnya guna mendukung terlaksananya program-program pemberdayaan masyarakat," katanya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: