10 Peserta Ikuti Pelatihan Menjahit di PKBM Lokomotif

Al Imran | Sabtu, 05-11-2022 | 20:05 WIB | 190 klik | Kota Padang
<p>10 Peserta Ikuti Pelatihan Menjahit di PKBM Lokomotif<p>

Anggota Komisi IV DPRD Padang, Irawati Meuraksa menyerahkan peralatan menjahit pada salah satu peserta program pelatihan menjahit mukena bersama PKBM Lokomotif Padang, Sabtu. (veri rikiyanto)

PADANG (5/11/2022) - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Lokomotif, Kelurahan Sawahan Timur, Kecamatan Padang Timur, menggelar kegiatan belajar menjahit bagi kaum ibu dan remaja putri.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 10 hari tersebut, diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Padang Timur dan Kecamatan Padang Selatan.

Ketua PKBM Lokomotif, Nurul Maulida menjelaskan, kegiatan pelatihan berasal dari dana Pokir anggota Komisi IV DPRD Padang Irawati Meuraksa dan akan difokuskan pada pelatihan menjahit mukena.


"Para peserta akan selain akan dilatih bagaimana membuat mukena, juga akan diberikan bahan-bahan termasuk peralatan menjahit," kata Nunung, demikian Nurul Maulida karib disapa.

Anggota Komisi IV DPRD Padang, Irawati Meuraksa mengatakan, program ini dipilih untuk bisa memberdayakan kaum ibu dan remaja putri, dengan memberikan pelatihan keterampilan yang berhubungan langsung dengan kebutuhan dan dunia sehari-hari kaum perempuan.

"Saya ingin kegiatan ini bukan hanya sekadar pelatihan saja, namun harus ada action dan pengimplementasiannya, hingga bisa berdampak pada lahirnya UMKM-UMKM baru, yang dapat meningkatkan perekonomian keluarga," kata Irawati.

Irawati juga berjanji akan membantu tindak lanjut dari kegiatan ini, dengan turut membeli dan memasarkan, bahkan juga akan mengupayakan ketersediaan sarana pendukung, jika nanti para peserta mampu menghasilkan mukena yang berkualitas dan sesuai selera pasar.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang yang diwakili Kabid PAUD Dikmas, AH Azmi mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilakukan PKBM Lokomotif.

"PKBM harus mampu memaksimalkan keberadaan anggota dewan di wilayahnya guna mendukung terlaksananya program-program pemberdayaan masyarakat," katanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta agar bersungguh sungguh mengikuti kegiatan serta menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari para instruktur. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar