Edy Rahmayadi Apresiasi Tafsir Inspirasi Karya Zainal Arifin Zakaria

Al Imran | Minggu, 06-11-2022 | 07:52 WIB | 185 klik | Nasional
<p>Edy Rahmayadi Apresiasi Tafsir Inspirasi Karya Zainal Arifin Zakaria<p>

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyerahkan penghargaan di acara Tafsir Inspirasi Award 2022 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman No 41 Medan, Kamis. (humas)

MEDAN (4/11/2022) Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menilai, buku Tafsir Inspirasi merupakan contoh dalam menjaga ukhuwah Islamiyah.

Edy mengapresiasi lahirnya buku Tafsir Inspirasi sekaligus pemberian award pada alim ulama, penghafal Al Qur'an dan juga organisasi Islam dalam menegakkan panji dan syiar Islam di Sumut.

Hal itu disampaikan Edy Rahmayadi yang menghadiri Tafsir Inspirasi Award 2022 yang berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman No 41 Medan, Kamis.


Hadir di antaranya Tuan Guru Besilam Syekh Zikmal Fuad, Ketua Umum Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Sumut, Zainal Arifin Zakaria, Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak, Buya Amiruddin, Mohammad Hatta, Alim Ulama, Ketua Organisasi Islam, OPD Sumut serta calon mahasiswa Al Azhar Kairo Mesir.

"Tafsir Inspirasi merupakan contoh bagi kita dalam upaya kemaslahatan umat. Saya minta persatuan dan silaturrahim para ulama untuk terus membesarkan dan melahirkan generasi muda dalam menuntut ilmu agama, yang dapat membesarkan agama Islam ini," ucap Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi mengatakan, pangkat dan jabatan yang merupakan takdir dari Allah SWT, tidaklah lebih hebat dari anak-anak penghafal Al-Qur'an dan tuan guru yang mengajar ilmu agama ini dan juga mendakwahkan ilmu agama pada generasi penerus.

"Oleh karena itu saya meminta Alim Ulama untuk selalu mengingatkan dan membantu saya dalam memimpin Sumut, agar selalu berada di jalan yang benar," katanya.

Ketua Umum OIAA Sumut sekaligus penulis buku Tafsir Inspirasi, Zainal Arifin Zakaria mengatakan, Tafsir Inspirasi tujuannya adalah mengkaji Al - Qur'an yang berguna untuk kebahagiaan individu, bagi yang mengamalkannya.

Menurut Zainal, Al-Qur'an juga penyembuh dari segala penyakit.

"Ini langkah besar yang kita lakukan, untuk mendidik Al-Qur'an di Indonesia. Karena saat ini kita sudah kehilangan inspirasi, maka di sini kita akan menumbuhkan insipirasi itu," katanya.

Atas terselenggaranya acara ini, Zainal juga mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak yang terlibat membantu Tafsir Inspirasi ini, di antaranya adalah Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

"Pada calon mahasiswa, saya minta untuk belajar sunguh-sungguh, yang diharapkan ilmu yang didapat bisa untuk kemaslahatan umat, agama dan juga Sumut," katanya.

Penerima Tafsir Inspirasi Award 2022 dalam kesempatan itu yakni para ulama, penghafal Al-Qur'an, Organisasi Islam, pengusaha muslim dan lainnya.

Di antaranya tokoh ulama Prof Dr H Hasballah Thaib MA PhD, Sang Maestro Dakwah dan Pendidikan, lahir di Lhokseumawe 10 Oktober 1951, Guru Besar, Penulis 85 Buku dan Karya Imiah, Pendiri Beberapa Pondok Pesantren di Sumut dan Aceh.

Lalu, Buya Syekh KH Ali Akbar Marbun, Ulama Indonesia dari pulau Sumatera, Lahir di Desa Siniang Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbanghasundutan, Alumni Pesantren Musthafawiyah dan Belajar Methode Talaqiyan bersama Ulama-Ulama Sunni Makkatul Mukarramah sejak 1969 - 1978, Pendiri Pesantren Al Kautsar Al Akbar Medan.

Kemudian Buya Assoc Prof Dr KH Amiruddin MS, MA, MBA, Ph.D merupakan tokoh Tasawuf Kontemporer Sumut, Dai Mancanegara Putra Deliserdang Kelahiran 15 Dzulhijjah 1374.

Pengahafal Al-Qur'an penerima Award di antaranya, Hafizh Internasional Zahran Auzan bin Ismuddin, Hafizh cilik dari Tanjung Pura Langkat Juara 1 Hafizh 30 Juz di MTA Nasional di usia 12 tahun yang hidup sederhana dari profesi seorang ayah sebagai tukang jahit.

Dua juga Juara 1 pada Musabaqah Amir Sulthan bin Abdul Aziz Alu Su'ud ke 14. Juara 2 Umum Mewakili Indonesia di Internasional Arab Saudi.

Lalu, duta Hafizh Istimewa disabilitas si kembar Revan Revin, Putra pasangan Maryadi dan Elvy terlahir premature dengan badan 1kg 4 Ons dan 1 Kg 2 Ons tetapi mendapatkan keajaiban Allah SWT untuk tetap hidup.

Meraih keajaiban dalam mata yang buta tapi hati yang melihat terang menjadi Hafizh Al-Qur'an. Mereka adalah peserta finalis Hafizh RCTI 2019.

Kemudian adalah pengusaha Muslim Inspiratif WONGSOLO yang merupakan usaha kuliner Muslim Sang Maestro Pak Puspo Wardoyo, yang berawal usaha kelas kaki lima merintis sejak era 1990-an akhirnya Go International, Mengelola 300-an outlet Restoran di 4 Negara (Indonesia, Singapura, Malaysia, Arab Saudi) dengan mewajibkan seluruh karyawan menjalankan syariat Islam dengan sempurna. Dengan Motto Qurani 'Halalan Thayyiba.'

Selanjutnya adalah dari organisasi Islam di antaranya adalah Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Al Washliyah, Majelis Ulama Indonesia serta lainnya. (pl2)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar