Program Food Estate di Pessel: Tingkatkan Infrastruktur Jalan Berbudget Rp22,5 Miliar

Minggu, 06 November 2022, 13:32 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Program Food Estate di Pessel: Tingkatkan Infrastruktur Jalan Berbudget Rp22,5 Miliar
Salah satu pembangunan dan peningkatan jalan program Food Estate di kecamatan Airpura Kabupaten Pessel. (Dok Dinas Pekerjaan Umum & Penataan Ruang Pessel)

PESISIR SELATAN (6/11/2022) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengalokasikan anggaran peningkatan infrastruktur jalan kawasan food estate Rp22,5 miliar di tahun 2022 ini.

Food Estate merupakan program pemerintah. Memiliki konsep pengembangan pangan secara terintegrasi, mencakup pertanian, perkebunan, peternakan di suatu kawasan.

Program kebijakan pengembangan lumbung pangan baru ini, masuk dalam salah satu program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024.

"Pembangunan infrastruktur pendukung seperti jalan, yang berkaitan dengan konektivitas antar wilayah, sangat diperlukan dalam pengembangan program strategis nasional ini," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pessel, Devitra didampingi Kabid Bina Marga Mulyandri, dan PPK Fahrezi Eka Siska, di Sago, Painan, Ahad.

Baca juga: SENGKETA PEMILU: Hakim Tolak Dakwaan Dugaan Ijazah Palsu Caleg PPP

Anggaran sebanyak Rp22,5 miliar tersebut, tambahnya, bersumber dari DAK 2022. Untuk pengerjaan dua paket kegiatan di 2 kecamatan.

"Kecamatan Lengayang dengan pagu dana Rp5,25 Miliar dan kecamatan Airpura pagu dana Rp17,3 Miliar," ucap Devitra.

Kabid Bina Marga, Mulyandri menambahkan, untuk paket pertama (kecamatan Lengayang), kegiatannya Rekontruksi dan Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan (tematik pengembangan food estate dan sentra produksi pangan khusus kabupaten DAK penugasan).

Panjang pengerjaan 2,2 Kilometer, dengan lebar lebih kurang 3,5 meter.

Baca juga: HJK Pessel ke - 76: Pasisia Kian Rancak dan Bermartabat

Pengerjaan pada satu titik ruas.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: