Wagub Sumbar Buka Kontes Ikan Cupang, Albert: Atraksi Pariwisata yang Dukung VBWS 2023

Minggu, 06 November 2022, 21:05 WIB | Wisata | Kota Padang
Wagub Sumbar Buka Kontes Ikan Cupang, Albert: Atraksi Pariwisata yang Dukung VBWS 2023
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyerahkan piala juara umum pada ketua pelaksana West Sumatera Internasional Betta Festival (WSIBF) 2022 di Gedung Himpunan Tjinta Teman (HTT), Padang, Ahad. (humas)

PADANG (5/11/2022) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menilai, meski berukuran kecil, potensi ekonomi Ikan Cupang tak bisa dianggap remeh. Bersama Ikan hias lainnya, Ikan Cupang atau Betta ini, ternyata jadi penyumbang 20 persen ekspor perikanan non-konsumsi di Sumatera Barat.

"Kontes ini luar biasa, bisa mengundang banyak tamu datang untuk jalan-jalan ke Sumatera Barat. Sebesar 20 persen ekspor perikanan Sumbar, berasal dari ikan hias," ungkap Audy saat membuka West Sumatera Internasional Betta Festival (WSIBF) 2022 di Gedung Himpunan Tjinta Teman (HTT), Padang, Ahad.

Event ini merupakan ajang kontes ikan cupang berskala internasional yang diselenggarakan oleh Betta of Sumatera Society (BOSS). Kontes ini diikuti 685 Ikan Cupang dari Taiwan, Filipina, Singapura, Malaysia dan berbagai provinsi di Indonesia.

Ratusan ikan hias mini itu, kemudian dilombakan dalam 10 kategori kontes dan dinilai oleh 10 juri dari Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Jepang dan Indonesia.

Baca juga: Prevalensi Stunting Meningkat di 7 Daerah, Fasilitas Posyandu Minimalis, Albert: Negara Harus Hadir

Dikesempatan itu, Audy mengapresiasi atas terselenggaranya kontes ikan cupang berskala internasional tersebut. Ia berharap, para penggemar dan pelaku usaha ikan hias mini ini, dapat kembali menggelar event serupa dengan skala semakin besar di tahun-tahun mendatang.

"Nanti kita akan duduk bareng membicarakan bagaimana pemerintah bisa men-support grand design perikanan hias di Sumatera Barat ini," lanjutnya.

Sesuai Semangat RPJMD

Sementara itu Jiko HTT, Albert Hendra Lukman mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan ini karena sinergis dengan RPJMD Sumatera Barat. Khususnya dalam mengangkat potensi pariwisata dan perikanan.

Baca juga: Albert Hendra Lukman Sosialisasikan Bahaya Stunting saat Sosialisasikan Perda No 7 Tahun 2021

Apalagi dalam mendukung Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 nanti, menurutnya, Festival Ikan Cupang juga bisa menjadi salah satu pilihan atraksi pariwisata di Sumbar.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: