LPPM Universitas Udayana dan Pemkab Mentawai Tanam 25 Ribu Bambu Betung di Dusun Mangorut

Al Imran | Rabu, 09-11-2022 | 18:53 WIB | 145 klik | Kab. Mentawai
<p>LPPM Universitas Udayana dan Pemkab Mentawai Tanam 25 Ribu Bambu Betung di Dusun Mangorut<p>

Plt Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rinaldi bersama perwakilan Universitas Udayana dan masyarakat serta Forkopimda melakukan Penanaman Bambu Keanekaragaman Hayati di Dusun Mangorut, Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan, Selasa. (humas)

MENTAWAI (8/11/2022) - Pohon bambu merupakan salah satu tanaman yang mempunyai segudang manfaat bagi manusia serta lingkungan. Bahkan dapat digunakan sebagai bahan baku industri, kontruksi bangunan, produk rumah tangga, kesenian dan budaya.

Tak hanya itu pohon bambu juga dapat mencegah terjadinya erosi di sepanjang sungai dan dapat menyerap karbondioksida.

"Prinsipnya pohon bambu jenis petung ini banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia," sebut Plt Sekda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rinaldi mewakili Pj Bupati Kepulauan Mentawai saat menghadiri Penanaman Bambu Keanekaragaman Hayati di Dusun Mangorut, Desa Madobag, Kecamatan Siberut Selatan, Selasa.


Kegiatan penanaman bambu pengelolaan keanekaragaman hayati ini, Dinas Lingkungan Hidup Mentawai bekerjasama dengan Puslit Bambu LPPM Universitas Udayana.

"Bambu yang ditanam ini sebanyak 25 ribu batang, yang akan ditanam di sepanjang bentangan kiri kanan sungai Desa Madobag hingga Desa Matotonan," ujarnya.

Dengan demikian, Rinaldi mengajak masyarakat setempat, untuk memanfaatkan bambu tersebut. Jangan disia-siakan, karena banyak memiliki potensi.

"Apalagi di sini, ada potensi pariwisata. Dengan adanya penanaman pohon bambu ini, akan berdampak bagi masyarakat dan pemerintah serta membuka lapangan pekerjaan ketika sudah menjadi objek wisata," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rinaldi mengimbau 8 kelompok yang ada di Dusun Mangorut yang telah melaksanakan penanaman pohon bambu, dapat merawat dan menjaganya.

"Kegiatan yang sudah diprogramkan pemerintah, diharapkan pada kelompok untuk serius memelihara dan mengembangkan pohon bambu ini agar program tersebut berkesinambungan nantinya," tuturnya.

Diketahui pohon bambu jenis Petung, dikenal juga dengan Bambu Betung (Dendrocalamus asper) ini, merupakan salah satu jenis bambu yang memiliki ukuran lingkar batang yang besar dan termasuk ke dalam suku rumput-rumputan

Kegiatan penanaman bibit bambu di Dusun Mangorut dihadiri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kasat Pol PP dan Damkar, Camat Siberut Selatan, Forkopimcam Siberut Selatan, Kepala Desa dan masyarakat setempat. (dni)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar