Kapus Andalas Lantik 39 Dokter Kecil di SD Budi Mulia

Al Imran | Kamis, 10-11-2022 | 09:38 WIB | 434 klik | Kota Padang
<p>Kapus Andalas Lantik 39 Dokter Kecil di SD Budi Mulia<p>

Kepala Puskesmas Andalas, dr Weni Fitria Nazulis foto bersama 39 orang dokter kecil di SD Islam Budi Mulia, Kelurahan Simpang Haru Kecamatan Padang Timur, Rabu. (veri rikiyanto)

PADANG (9/11/2022) - Kepala Puskesmas (Kapus) Andalas, dr Weni Fitria Nazulis melantik 39 orang dokter kecil di SD Islam Budi Mulia, Kelurahan Simpang Haru Kecamatan Padang Timur, Rabu.

Dia mengapresiasi SD Islam Budi Mulia yang secara berkelanjutan melaksanakan program dokter kecil, karena dapat jadi sarana belajar mengenai kesehatan, sekaligus bisa melakukan pelayanan kesehatan terhadap sesama siswa.

"Dengan program dokter kecil ini, siswa dapat mengenal, mengetahui dan bisa melakukan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan dasar seperti P3K, setidaknya untuk diri sendiri, keluarga dan teman," ujar dr Weni


Selain itu, lanjut dr Weni, anak-anak jadi paham tentang manfaat menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar, serta menerapkan pola hidup sehat. Seperti makan teratur, makan makanan yang bergizi, serta tidak jajan sembarangan.

"Para dokter cilik ini kita latih selama tiga hari terkait P3K, PHBS, penyakit menular, gizi, serta kesehatan lingkungan," tambah dr Weni.

Sementara, Kepala SD Islam Budi Mulia, Roswita Riyanti melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Frismarlona menjelaskan, peserta dokter kecil ini hasil seleksi dari puluhan siswa yang mendaftar.

"Siswa yang mengikuti program dokter kecil ini terdiri dari siswa kelas 4-5 dan harus memenuhi kriteria seperti memiliki minat, disiplin, kondisi fisik yang baik serta mendapatkan dukungan dari orangtua," katanya.

Nantinya, para dokter kecil yang telah dilantik akan bertugas melayani siswa yang sakit, melakukan pengecekan terhadap kebersihan, melakukan penyuluhan kesehatan setiap hari Kamis, memeriksa jentik serta mendampingi dokter Puskesmas di berbagai kegiatan.

Asadik, siswa kelas 4, mengatakan, sangat senang bisa mengikuti kegiatan dokter kecil, karena bisa banyak tahu tentang kesehatan serta dapat membantu teman-teman sekolah. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar