Satlinmas Petakan Daerah Rawan Bencana 11 Kecamatan di Padang

Al Imran | Kamis, 10-11-2022 | 21:17 WIB | 158 klik | Kota Padang
<p>Satlinmas Petakan Daerah Rawan Bencana 11 Kecamatan di Padang<p>

Personel Satlinmas Satpol PP Padang, melakukukan pendataan daerah rawan bencana di kecamatan Padang Timur, Kamis. (humas)

PADANG (10/11/2022) - Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang ada di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, lakukan pendataan tempat-tempat rawan bencana yang ada di Kota Padang.

Tujuannya pendataan, untuk mengumpulkan dan menganalisa data dan informasi, guna menjamin terselenggaranya pelaksanaan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi serta menyeluruh dalam rangka memberikan perlindungan pada masyarakat dari ancaman, risiko dan dampak bencana.

"Pemetaan yang kita lakukan ini, untuk menggambarkan lokasi atau tempat yang sering mengalami atau diperkirakan akan mengalami bencana seperti banjir, kekeringan, longsor, tsunami maupun bencana alam lainnya yang ada di 11 Kecamatan di Kota Padang," ujar Kabid Linmas Satpol PP Padang, Indra Jaya. Kamis.


Setelah data didapat dan dikumpulkan di seluruh kecamatan, Satlinmas akan segera membuatkan peta rawan bencana. Karena, hal tersebut termasuk salah satu aspek dari mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana di masyarakat.

"Fungsi peta rawan bencana yang akan kita buat nantinya, tentu untuk menentukan perencanaan terhadap suatu wilayah yang berpotensi terkena dampak bencana dan memudahkan warga mengenali sejak dini, dimana tempat-tempat rawan bencana di wilayah tempat tinggalnya," tutur Indra Jaya.

Indra mengatakan, hingga hari ini, baru empat ecamatan yang dikunjungi anggotanya, guna mencari data-data tempat rawan bencana.

"Yang baru kita kunjungi, Kecamatan Padang Timur, Kecamatan Padang Utara, Kecamatan Padang Barat dan Kecamatan Padang Selatan. Kegiatan ini akan terus dilanjutkan ke seluruh kecamatan yang ada di Kota Padang," tutup Indra Jaya. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar