Implementasikan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Agam Siap Berkolaborasi

Al Imran | Jumat, 11-11-2022 | 17:45 WIB | 226 klik | Kab. Agam
<p>Implementasikan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Agam Siap Berkolaborasi<p>

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Agam Elvys, memimpin rapat pengawasan pemilu partisipatif, Jumat. (humas)

AGAM (11/11/2022) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Agam Elvys mengatakan, pengawasan penyelenggaraan tahapan pemilu, merupakan fungsi yang sangat melekat dengan Bawaslu.

"Dalam menyokong fungsi tersebut, Bawaslu Agam membuka ruang kolaborasi melalui pengawasan partisipatif," ungkap Elvys saat memimpin rapat pengawasan pemilu partisipatif, Jumat.

Rapat ini digelar selama dua hari ini, untuk menyamakan pemahaman dan persepsi dalam pengawasan partisipatif.


Dikatakan, Bawaslu Agam membuka wadah kolaborasi dengan stakeholder dan juga masyarakat, dalam meningkatkan fungsi pengawasan dan pencegahan pelanggaran Pemilu melalui pengawasan partisipatif.

Dalam pengawasan partisipatif, diperlukan penyamaan pemahaman dan presepsi terkait pengawasan pemilu. Sehingga menurutnya, rapat pengawasan pemilu partisipatif menjadi penting untuk dilakukan.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, terang Elvys, diharapkan Bawaslu dapat membangun kolaborasi yang baik dengan para stakeholder dalam melakukan pengawasan dan pencegahan. Sehingga, tercipta Pemilu yang berkualitas dan bermartabat di wilayah Kabupaten Agam.

"Tidak hanya di tingkat kabupaten, sinergi dan kolaborasi yang baik juga harus dibangun Panwaslu kecamatan dengan stakeholder di lingkup wilayah kecamatan," ucap Elvys.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Agam, Okta Muhlia menambahkan, pasca rapat tersebut diharapkan dapat mendongkrak partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu 2024.

Diterangkan Okta, tiga prinsip pengawasan pemilu yang perlu dipahami yakni awasi, cegah dan tindak. Menurutnya, tiga prinsip tersebut juga dapat dilakukan oleh masyarakat.

"Bawaslu tidak dapat berdiri sendiri. Bawaslu membutuhkan peran serta masyarakat dan juga stakeholder dalam melakukan pengawasan yang menyeluruh. Mari kita bersama mengawasi," ajak Okta.

Diketahui, rapat pengawasan pemilu partisipatif ini diikuti Dinas Kominfo Agam, Kepala Satuan Intel Polres Agam serta Ketua dan Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas (HP2H) Panwascam se-Kabupaten Agam. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar