RT 9 Tanah Hitam Bangun IPAL Komunal, Ini Respon Fadly Amran

Jumat, 11 November 2022, 18:40 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
RT 9 Tanah Hitam Bangun IPAL Komunal, Ini Respon Fadly Amran
Wako Padang Panjang, Fadly Amran tinjau pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di RT 9 Kelurahan Tanah Hitam, Jumat. (kominfo)

PADANG PANJANG (11/11/2022) - Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran menyebut, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di RT 9 Kelurahan Tanah Hitam, dipadukan dengan inovasi Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Maruna, menggunakan bio filter yang mampu mengurai bakteri.

"IPAL ini mampu mengolah limbah atau kotoran jadi air bersih yang bisa disalurkan langsung ke riol. Di atasnya dibuatkan taman yang dihiasi lukisan tiga dimensi. Terdapat tempat duduk beton yang reliefnya seperti potongan kayu, bisa sebagai lokasi nongkrong bagi warga sekitar," ungkap Fadly, saat mengunjungi lokasi pembangunan, Jumat.

Fadly meminta, IPAL yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PUPR dengan nilai Rp600 juta ini, dapat dimanfaatkan dan dijaga warga setempat. Sesuatu yang membuatnya tersumbat, dihindari agar selalu bisa dimanfaatkan.

"Kepada warga, jaga IPAL ini dengan baik. Jangan sampai tersumbat. Jaga lingkungan kita agar selalu bersih dan sehat," imbaunya.

Baca juga: Sukses di Kelurahan Busur, Fadly Amran Minta Pola Pembangunan ala Kotaku Diadopsi

IPAL ini dibangun di Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB). Saat ini, pembangunannya sudah mencapai 95%. Pembangunan IPAL ini melibatkan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) didampingi Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Adapun sambungan rumah untuk 50 KK sudah terpasang.

Menurut Fadly, keberadaan IPAL merupakan upaya menekan angka stunting di Padang Panjang. Dengan sanitasi yang baik dan bersih, dampaknya cukup besar bagi semua masyarakat. Salah satunya bagi ibu hamil dan anak-anak yang masih dalam masa 1.000 hari pertama kehidupannya.

"Antara sanitasi yang buruk dan stunting saling berkaitan," ungkap Fadly tentang arti penting IPAL ini.

Plt Kepala Dinas PUPR, Widya Kusuma menjelaskan, untuk tahun ini di Padang Panjang ada enam IPAL dan dua sambungan rumah yang dibangun baru. Tersebar di Tanah Hitam, Ganting, Balai-Balai, Koto Panjang, Guguk Malintang, Sigando, Ekor Lubuk, Koto Panjang. Total dananya Rp4,5 miliar.

Baca juga: Cabor Petanque Bakal Dilombakan di Porprov 2023, Fadly Amran: Semoga jadi Penyumbang Emas

"Insyaa Allah, November 2022 ini, pembangunan seluruh IPAL itu akan rampung. Mari kita manfaatkan dan jaga bersama-sama," pungkasnya. (ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: