Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan, Ini Harapan Marfendi

Al Imran | Jumat, 11-11-2022 | 18:49 WIB | 107 klik | Kota Bukittinggi
<p>Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan, Ini Harapan Marfendi<p>

Wawako Padang, Marfendi jadi inspektur upacara Hari Pahlawan, di halaman balai kota, Kamis. (humas)

BUKITTINGGI (10/11/2022) - Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi menyampaikan, Hari Pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup, sebagai bangsa dan negara merdeka.

"Perjuangan para pahlawan bangsa dari para pejuang yang gugur dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting diresapi semangat dan keikhlasannya," ungkap Marfendi saat jadi inspektur upacara Hari Pahlawan, di halaman balai kota, Kamis.

Ketika Bung Karno dan Bung Hatta mendeklarasikan kemerdekaan, ungkap dia, belum satupun negara yang mengakuinya. Karena saat itu, Belanda keliling dunia untuk menyampaikan kemerdekaan Indonesia itu masih semu.


"Perjuangan demi perjuangan terus diupayakan. KH Hasyim Ashari bersama pengurus NU, pada 1945 menggelorakan semangat rakyat dan pemuda untuk kuat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia," ujar Marfendi.

Bangsa ini, lanjut dia, bukan bangsa yang lemah. Memang secara fisik Indonesia tidak dijajah lagi namun masih banyak upaya merusak generasi penerus bangsa melalui narkoba, judi dan tindak kriminal lainnya.

Marfendi berharap, seluruh pihak untuk tidak melupakan sejarah. "Dari sejarah, kita akan bangkit. Apa yang para pahlawan perjuangkan, jadi hal yang luar biasa dan tanpa terasa ternyata dari sanalah kita bisa berada hari ini," ungkap dia.

Setelah melaksanakan upacara bendera, peringatan Hari Pahlawan 2022 ini dilanjutkan dengan acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar