Gempabumi Tektonik 5,0 SR di Barat Daya Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

Jumat, 11 November 2022, 21:57 WIB | News | Nasional
Gempabumi Tektonik 5,0 SR di Barat Daya Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi.

BENGKULU (11/11/2022) - Gempabumi tektonik dengan parameter update dengan magnitudo 5,1 SR, terjadi Jumat pukul 18.39.31 WIB. Lokasi episenternya, wilayah Pantai barat daya Bengkulu.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,76 LS ; 100,52 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 147 km arah barat daya Mukomuko, Bengkulu pada kedalaman 22 km," ungkap Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, ungkap Daryono, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust).

Baca juga: Gempabumi Tektonik 5,4 SR Guncang Nias Selatan, Tidak Berpotensi Tsunami

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), ungkap Daryono, gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Di daerah Sikakap dan Pagai Utara, Kepulauan Mentawai dengan skala intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ungkap Daryono.

"Hingga pukul 19.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," tambahnya. (kyo)

Baca juga: Gempabumi Tektonik 3,1 Goncang Padang Panjang Rabu Dinihari

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: