Bukittinggi Peringati HKN ke-58, Marfendi: Terima Kasih Insan Kesehatan

Al Imran | Sabtu, 12-11-2022 | 23:20 WIB | 122 klik | Kota Bukittinggi
<p>Bukittinggi Peringati HKN ke-58, Marfendi: Terima Kasih Insan Kesehatan<p>

Wawako Bukittinggi, Marfendi menyaksikan penyerahan penghargaan pada insan kesehatan usai jadi pembina upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, di halaman RSUD Bukittinggi, Sabtu. (hamriadi)

BUKITTINGGI (12/11/2022) - Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi menyampaikan, sudah dua tahun terakhir seluruh elemen masyarakat berjibaku melawan Covid19. Dampaknya, tidak sedikit masyarakat yang jadi korban keganasan bencana non alam itu.

"Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan dimasa pandemi Covid19," papar Marfendi saat jadi pembina upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, di halaman RSUD Bukittinggi, Sabtu.

Menurut Marfendi, pemerintah menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia.


Usai upacara diberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan berprestasi di tingkat kota Bukittinggi, mulai dari tenaga kesehatan di Puskesmas dan tenaga kesehatan di rumah sakit.

Serta pemberian penghargaan untuk puskesmas berprestasi, hingga kelompok asuhan mendiri pemanfaatan tanaman obat keluarga dan keterampilan akrupesur Bukittinggi 2022.

Selain itu,juga dilaksanakan penanaman bibit pohon dalam rangka go green hospital, yang menjadu bagian dari rangkaian HKN ke-58 di Bukittinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Linda Faroza menyampaikan sejarah Hari Kesehatan Nasional, bahwa pada 1950 lalu, ratusan ribu jiwa tewas akibat malaria.

Pada 1959 dibentuk dinas pembasmian malaria. Tahun 1963 dinas pembasmi malaria diubah menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (KOPEM), yang mana pada 12 November 1964 keberhasilan pemberantasan malaria diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN) pertama di Indonesia. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar