Rakerda Dekopinda Padang, Hendra: Saatnya Libatkan Milenial di Koperasi

Al Imran | Minggu, 13-11-2022 | 12:35 WIB | 127 klik | Kota Padang
<p>Rakerda Dekopinda Padang, Hendra: Saatnya Libatkan Milenial di Koperasi<p>

Foto bersama peserta Rakerda Dekopinda Kota Padang, Sabtu (veri rikiyanto)

PADANG (12/11/2022) - Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim membuka rapat kerja daerah (Rakerda), Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Padang, Sabtu.

Dalam amanatnya, Hendra yang juga anggota DPRD Sumbar tersebut, mengapresiasi Dekopinda Padang, karena telah menjadi Dekopinda pertama yang melaksanakan Rakerda.

Hendra mengatakan, harus diakui, saat ini dunia perkoperasian di tanah air, termasuk di Kota Padang, mengalami kemunduran. Untuk itu, ia menyarankan agar Dekopinda bisa merangkul dan melibatkan peran aktif generasi muda (kaum Milenial).


"Buatlah program-program bermutu yang dapat melibatkan kaum milenial untuk berkoperasi, serta memanfaatkan kemajuan teknologi informasi," kata Hendra.

Ia berharap, dengan digelarnya Rakerda ini, dapat mengoptimalisasi peran dan fungsi Dekopinda Padang dalam mendorong percepatan ekonomi kerakyatan secara kekeluargaan, gotong-royong dan kesetiakawanan.

Menurut Hendra, koperasi merupakan wadah yang tepat untuk menghidupkan perekonomian, karena koperasi tidak memerlukan modal yang besar maupun anggota yang banyak.

"Cukup 9 orang yang memiliki tujuan dan pemikiran yang sama, kemudian membentuk suatu usaha, apalagi saat ini koperasi sudah bisa ikut tender pemerintah hingga Rp15 Miliar," sambungnya.

Sementara, Ketua Dekopinda Padang, Irwan Basir mengatakan, melalui kegiatan ini Dekopinda bisa mencari dan memantau penyebab mundurnya perkoperasian di Kota Padang.

"Gerakan koperasi perlu tanggung jawab moral, Dekopinda akan menjalin kerjasama dengan Dinas Koperasi untuk membangkitkan kembali koperasi di Padang," ungkapnya.

Ketua Pelaksana Rakerda, Amril Amin (Aciak) menjelaskan, tujuan diadakannya Rakerda, agar Dekopinda Kota Padang mengambil peran sebagai dewan perkoperasian di Kota Padang, termasuk pembinaan serta orientasi ke pemerintah.

"Kita akan mendorong koperasi dengan pendanaan, sehingga bisa menggilir dana tersebut untuk menumbuhkan serta meningkatkan UMKM di Kota Padang," kata Aciak.

Aciak yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Padang ini berharap, dengan Rakerda Dekopinda ini bisa lebih memantapkan cara-cara perkoperasian di Kota Padang.

Ditempat yang sama, Wali Kota Padang Hendri Septa yang diwakili Asisten II Setdako, Didi Aryadi berharap, koperasi dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

"Yang harus diperhatikan adalah, anggota dan pengurus koperasi harus mampu bersaing, salah satunya adalah dengan mengikuti dan memanfaatkan perkembangan teknologi," kata Didi. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar