Lomba Cipta Lagu Minang Tingkat Nasional 2022

Pasan Mandeh Karya Rika Amir jadi Lagu Terbaik

Al Imran | Senin, 14-11-2022 | 11:48 WIB | 201 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Pasan Mandeh Karya Rika Amir jadi Lagu Terbaik<p>

Rika Amir menerima piagam penghargaan atas karya lagunya berjudul Pasan Mande yang berhasil masuk 10 lagu terbaik Lomba Cipta Lagu Minang Tingkat Nasional 2022. (dok st22)

PADANG (14/11/2022) - Lagu berjudul Pasan Mandeh yang ditulis Rika Amir, berhasil jadi lagu terbaik di Lomba Cipta Lagu Minang Tingkat Nasional 2022.

Rika menerima penghargaan atas karyanya tersebut, saat Pagelaran 10 Lagu Terbaik Lomba Cipta Lagu Minang Tingkat Nasional 2022 yang diadakann Sabtu (12/11/2022) malam di Padang.

Rika Amir saat diwawancarai Senin (14/11/2022) mengatakan, lagu Pasan Mandeh ia tulis terinspirasi dari orang tuanya sendiri yang sering menasihati, agar selalu ingat pada Yang Maha Kuasa.


Apapun halangan, rintangan dan godaan dunia, jangan pernah sedikitpun melupakan-Nya. Karena, apapun masalah yang kita hadapi, solusinya hanya Allah SWT.

Lomba Cipta Lagu Minang Tingkat Nasional 2022 diadakan Dewan Perwakilan Daerah Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia Sumatera Barat (DPD PAPPRI Sumbar).

Lomba tersebut digelar sebagai rangkaian acara Festival Kebudayaan Daerah 2022 Sumbar. Pasan Mandeh karya Rika Amir, berhasil masuk 10 lagu terbaik.

Selain lagu Pasan Mandeh dari Rika Amir, judul-judul lagu serta nama penulisnya yang berhasil masuk 10 lagu terbaik Lomba Cipta Lagu Minang Tingkat Nasional 2022, yaitu; Biso Ujuang Kato (Rhian D'Kincai), Sauah Pituih (Era Darwis), Cinto Bamiang (Romi Mansiang), Dunsanak Raso Rang Lain (Ades Sadewa), Padiah Ditikam Duto (Imran Boer), dan Dek Kain Indak Saragi (Nila Sahirman).

Lagu-lagu tersebut akan di-publish oleh DPD PAPPRI Sumbar.

Pada malam Pagelaran 10 Lagu Terbaik Lomba Cipta Lagu Minang Tingkat Nasional 2022, Rika Amir bersama para penulis lagu terbaik tersebut menerima penghargaan berupa piagam, tropi dan uang tunai.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, H Syaifullah.

Menurut Rika Amir, Lomba Cipta Lagu Minang Tingkat Nasional 2022 yang diadakan DPD PAPPRI Sumbar sangat luar biasa dan keren.

Dengan adanya lomba tersebut, para penulis lagu Minang jadi termotivasi untuk menghasilkan karya lagu yang berkualitas dan bentuk upaya bersama dalam melestarikan lagu Minang yang sebenarnya.

Rika berharap, lomba tersebut selalu rutin diadakan dan disertai dengan memperbanyak lomba sejenisnya.

Bagi Rika Amir, dengan masuknya lagu Pasan Mandeh yang ia tulis ke dalam 10 lagu terbaik, merupakan sebuah pengalaman yang sangat berharga. Dengan prestasi tersebut akan menambah motivasi dan semangatnya untuk senantiasa berkarya.

Rika Amir berkarya melalui komunitasnya, ST22 Pro Community. Kiprah Rika di dunia musik sudah sering mengukir prestasi.

Pada tahun 2018 lalu, Rika meraih Juara 1 Lomba Cipta Jingle Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Padang. Rika juga sering menjuarai festival penyanyi Minang Tingkat Sumbar.

Rika Amir juga jadi pengisi Original Sound Track (OST) film Senandung Cinta Aisyah dan film Di Kampuang Raso Marantau. Kedua OST tersebut musiknya digarap oleh R Doel di studio musik ST22 -- Padang.

Beberapa karya lagu yang telah dirilis Rika Amir berjudul; Warkah Cinta, Rinduku, Maha Cinta, Nafasku, Ku Tak Ingin Lukaku Berdarah Lagi dan lainnya.

Sebagian besar karya lagu Rika didistribusikan ke platform musik digital oleh ST22 Pro Music Label dan sebagiannya lagi melalui label musik Ladofa Doredo.

Tak hanya di dunia musik, Rika Amir juga pernah berakting dalam film layar lebar, Malik dan Elsa. Sebagai pemilik usaha kuliner Kalimasada Cake and Cookies yang cukup menyibukkan kesehariannya, tak menghalangi Rika untuk mengukir beragam prestasi lainnya. (Muhammad Fadhli)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar