Agam Siap Dukung Minangkabau Fashion Festival

Al Imran | Senin, 14-11-2022 | 17:53 WIB | 117 klik | Kab. Agam
<p>Agam Siap Dukung Minangkabau Fashion Festival<p>

Minangkabau Fashion Festival 2022 yang diselenggarakan di Pelataran Jembatan Siti Nurbaya, Padang, Ahad. (humas)

PADANG (13/11/2022) - Ketua Dekranasda Agam, Yenni Andri Warman menyatakan, mendukung program Pemprov dan Dekranasda Sumbar dalam melakukan promosi pariwisata yang pastinya akan berpengaruh sangat baik terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

"Wabah Covid 19 telah meluluhlantakkan ekonomi kita, khususnya bidang pariwisata. Dengan digelarnya kegiatan seperti ini, akan kembali membangkitkan pertumbuhan ekonomi," ungkap Yenni terkait gelaran Minangkabau Fashion Festival 2022 yang diselenggarakan di Pelataran Jembatan Siti Nurbaya, Padang, Ahad.

Iven ini digagas Dinas Pariwisata Sumatera Barat bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumbar. Kegiatan dibuka Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi. Iven mengangkat kearifan lokal Minangkabau.


Tentunya, secara langsung akan mengangkat potensi lokal khususnya fashion, dan juga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya ekonomi kreatif di Sumatera Barat.

Dikesempatan itu, Yenny didampingi Wakil Ketua Dekranasda Agam, Titik Irwan Fikri dan Wakil Ketua Harian, El Edi Busti. Turut hadir, Kadis Parpora Agam, Syatria dan Kabid Perindustrian Dinas Perindagkop Agam, Elfi Suyenti.

Yenni berharap, kegiatan seperti itu terus dilaksanakan dan digiatkan setiap tahunnya. Kabupaten Agam, terang dia. akan ikut berpartisipasi karena ini merupakan salah satu cara bagaimana untuk melestarikan budaya yaitu kerajinan.

"Harapan kita, nantinya generasi penerus kita dapat mengetahui kekayaan budaya kita," ungkap Yenni.

Promosi Wisata

Sementara, Mahyeldi mengatkan, Pemprov Sumbar mendukung diselenggarakan iven ini, karena merupakan salah satu bentuk promosi yang akan mengharumkan produk lokal khas Sumbar. "Tentunya ini, akan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Ranah Minang kita ini," tegas Mahyeldi.

Ia menyebutkan, karya lokal dari ranah Minangkabau tidak kalah menarik dari daerah dan negara lain. Bahkan karya lokal dari Minangkabau khususnya fashion baik itu batik dan tenun berperan penting dan memiliki gengsi yang tinggi di kancah nasional hingga mancanegara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang promosi pariwisata khususnya fashion yang berkolaborasi dengan Dekranasda. Dimana kegiatan itu telah lama vakum dan bangkit kembali setelah melandainya wabah covid-19.

"Minangkabau Fashion Festival ini salah satu ajang promosi kita khususnya fashion, karena disini para desainer muda dari sumbar berkompetisi untuk menciptakan kerajinan yaitu fashion dengan kearifan lokal khas Minangkabau terbaik," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Sumbar, Harneli Bahar memberikan apresiasi pada para desainer muda berbakat yang telah berpartisipasi mengikuti perlombaan yang dilaksanakan itu demi mengangkat kearifan lokal Minangkabau menuju Internasional.

Ia menyebutkan para generasi muda di Sumbar menginginkan budaya lokal khususnya fashion jadi primadona di kancah nasional dan internasional.

"Ini merupakan kegiatan promosi hasil karya terbaik generasi muda Minangkabau, yang Insya Allah nanti akan menembus pasar global, sehingga dapat meningkatkan nilai jual dari produk-produk kerajinan dari ranah Minang tercinta," tuturnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar