Pemkab Pessel Belanja Alat Laboratorium Lingkungan Rp1,6 Miliar

Al Imran | Senin, 14-11-2022 | 21:09 WIB | 346 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Pemkab Pessel Belanja Alat Laboratorium Lingkungan Rp1,6 Miliar<p>

UPTD Laboratorium Lingkungan Pemkab Pessel, Sumatera Barat. (tusrisep)

PESISIR SELATAN (14/11/2022) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengalokasikan anggaran pembelian alat laboratorium lingkungan Rp1,6 miliar di tahun 2022 ini. Ini dalam rangka menambah ruang lingkup parameter pengujian.

"Anggarannya berasal dari DAK 2022, dengan nama paket pekerjaan Pengadaan Belanja Modal Laboratorium Lingkungan," ujar Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup, Mukhridal melalui Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan, Monariza di Sago, Painan, Senin.

Peralatan yang dibeli Atomic Absorption, Spektrofotometer, Rotary Evaporator, COD Reaktor, PH Meter, Oven dan lainnya.


"Alat-alat tersebut, merupakan alat pengujian parameter logam (logam terlarut) yang sangat dibutuhkan, karena sebelumnya belum ada," ucap Monariza.

Tak cuma itu, tambah dia, alat baru tadi juga akan menambah kemampuan pengujian 12 parameter lagi (bidang logam).

"Jadi, kalau sebelumnya baru bisa menguji 12 parameter untuk sungai dan limbah, dengan tambahan alat baru, ruang lingkup pengujian meningkat jadi 24 parameter," ujar Monariza.

Butuh Tambahan Alat

Menyoal kebutuhan alat laboratorium lainnya, terang Monariza, jelas masih ada.

Salah satunya alat uji mikro biologi.

"Makin banyak alat, akan lebih baik. Sebab dapat menambah parameter pengujian (banyak yang bisa diuji)," ucapnya.

UPTD Laboratorium Lingkungan Kabupaten Pessel berdiri sejak tahun 2018.

Kebutuhan peralatan, memang berharap dana DAK, karena belanja alat sangat mahal.

Sebelumnya, Laboratorium Lingkungan ini hanya dapat menguji Air Limbah dan Air Sungai dan memiliki 12 parameter yang sudah terakreditasi.

Ke-12 parameter pengujian dengan Sertifikat Akreditasi Laboratorium No.LP-1548-IDN-SNI ISO/IEC 17075:2017 (ISO/IEC 17075:2017) di antaranya:

Produk uji AIR SUNGAI; pengujian (sifat) diukur adalah Temperatur, Daya Hantar Listrik (DHL), Padatan Tersuspensi Total (TSS), Padatan Terlarut Total (TDS).

Kemudian, Derajat Keasaman (pH), Oksigen Terlarut (DO), Kebutuhan Oksigen Biokimia (BOD), Kebutuhan Oksigen Kimiawi (COD), dan Fosfat (PO4_P), Sulfat, serta Klorida.

Sementara untuk AIR LIMBAH: pengujian (sifat) diukur adalah Temperatur, Padatan Tersuspensi Total (TSS), Derajat Keasaman (pH), Kebutuhan Oksigen Biokimia (BOD), dan Kebutuhan Oksigen Kimiawi (COD). (tsp)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar