Gusrizal Dt Salubuak Basa Raih Satya Abdi Budaya

Rabu, 16 November 2022, 16:08 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Gusrizal Dt Salubuak Basa Raih Satya Abdi Budaya
Pengajar BIPA profesional, Gusrizal Dt Salubuak Basa mendapat penghargaan tertinggi di Bidang Budaya dari pemerintah pusat.

BUKITTINGGI (16/11/2022) - Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi menyampaikan ucapan selamat pada Gusrizal Dt Salubuak Basa yang mendapat penghargaan tertinggi di Bidang Budaya dari pemerintah pusat.

"Kita patut apresiasi kerja keras beliau dalam memperkenalkan budaya Indonesia ke Luar Negeri. Ini sangat membanggakan Minangkabau khususnya Kurai Limo Jorong, Bukittinggi," ujar Marfendi di Bukittinggi, Rabu.

Marfendi menyampaikan, prodi Pendidikan Bahasa lndonesia bagi Penutur Asing, kembali mendapat kehormatan menyelenggarakan KIPBIPA XII (Konferensi Internasional Pengajar Bahasa lndonesia bagi Penutur Asing) tersebut diselenggarakan 8-10 November 2022.

"Penyerahan piagam bertempat di Kampus Universitas Pendidikan lndonesia (UPI) Bandung setelah sebelumnya tahun 1999 pernah pula menggelar KIPBIPA III," ucapannya.

Baca juga: PT Semen Padang Serahkan CSR Sarana Prasarana Disabilitas untuk Mall Pelayanan Publik Bukittinggi

Penyerahan piagam dilaksakan secara hybrid mengusung tema "Strategi Penguatan Diplomasi Bangsa Melalui Internasionalisasi Bahasa lndonesia," dengan menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri.

Dari dalam negeri, beberapa di antaranya, Prof E Aminuddin Aziz, Prof Fuad Abdul Hamid dan Dr Liliana Muliastuti. Sementara, dari luar negeri diantaranya, Prof Kyoko Funada dan Laura Wimsett PhD.

Selain diisi para pakar bahasa sesuai bidang mereka masing-masing, juga menghadirkan Pembicara Utama seperti: Dr Sandiaga Salahuddin Uno dan Dr Teuku Faizasyah.

Acara KIPBIPA selain membicarakan tentang perkembangan serta kondisi BIPA saat ini, juga memberikan Penghargaan Satya Abdi Budaya kepada Tokoh BIPA DN-LN

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel Naik 100 Persen

Tokoh Bahasa dalam negeri diberikan kepada Gusrizal Dt Salubuak Basa dan berhak menerima penghargaan "Satya Abdi Budaya" sebuah penghargaan bergengsi diberikan kepada seseorang yang setia mengabdikan hidupnya untuk menggelorakan budaya dan bahasa lndonesia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: