Dewan SDA Nasional Tinjau Tingkat Kerusakan Kualitas Air Danau Maninjau

Al Imran | Kamis, 17-11-2022 | 19:26 WIB | 109 klik | Kab. Agam
<p>Dewan SDA Nasional Tinjau Tingkat Kerusakan Kualitas Air Danau Maninjau<p>

Bupati Agam, Andri Warman mendampingi Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional yang meninjau KJA di Danau Maninjau, Rabu. (humas)

AGAM (16/11/2022) - Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional lakukan kunjungan lapangan ke Danau Maninjau, Rabu. Kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dalam penanganan Keramba Jaring Apung (KJA) di danau yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya itu.

"Kita prihatin dengan kondisi Danau Maninjau yang sudah tercemar, sehingga perlu penanganan khusus untuk mengembalikan kondisinya seperti sediakala," ujar Kepala Sekretariat Dewan SDA Nasional, Dr Happy Mulya saat kunjungan lapangan yang didampingi Bupati Agam, Andri Warman, Rabu.

Diketahui, tercemarnya Danau Maninjau akibat pakan ikan KJA yang sudah menumpuk puluhan tahun di dasar danau.


Besok, katanya, kunjungan ini akan dievaluasi dan dilakukan pemaparan di kantor Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang.

"Dalam paparan ini, nanti bisa diketahui strategi seperti apa yang akan dilakukan untuk penanganan KJA," katanya.

Sementara itu, Andri Warman mengatakan, Danau Maninjau ini salah satu danau prioritas yang direvitalisasi pemerintah pusat. Bahkan ia ingin kondisi danau ini kembali seperti sediakala.

"Terkait KJA ini, kita hanya ingin menata bukan menghabiskan. Namun, sesuai data yang punya KJA di Danau Maninjau mayoritas milik pengusaha, ini tentu perlu kita batasi," sebutnya.

Kecuali, katanya, punya masyarakat salingka Danau Maninjau, karena dirinya juga tidak mau perekonomian masyarakat terganggu.

"Jika dilihat sekeliling danau kondisinya sudah sangat memprihatinkan, kita di Agam sudah berupaya menanganinya dan diharapkan dukungan dari pemerintah pusat," katanya.

Dikatakan, Danau Maninjau ini sangat berpotensi jadi objek wisata, apalagi didukung dengan alam yang sangat menarik.

Bahkan, dirinya sudah berupaya datangkan investor untuk kembangkan objek wisata di Danau Maninjau, tapi kendalanya danau masih tercemar.

"Intinya, investor bisa masuk apabila KJA sudah tertata dan kondisi Danau Maninjau membaik. Ini menjadi tantangan bagi kita, semoga pemerintah pusat bisa membantu tangani masalah tersebut," tukasnya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar