Diangkat Anak oleh Wagub Sumbar: Bocah Usia 6 Tahun Asal Kota Padang Miliki Kemampuan Bicara Multi Bahasa

Jumat, 18 November 2022, 20:35 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Diangkat Anak oleh Wagub Sumbar: Bocah Usia 6 Tahun Asal Kota Padang Miliki Kemampuan...
Bocah usia 6 tahun, Kevin Ramadhan Malik putra pertama Roni Irawan dan Cristien Natalia Gunawan, ditemani guru, foto bersama dengan Wagub Sumbar, Audy Joinaldy di ruang kerja wagub, Jumat. (humas)

PADANG (18/11/2022) - Bocah usia 6 tahun, Kevin Ramadhan Malik telah menjadi anak dengan kemampuan berbahasa asing cukup banyak. Putra Roni Irawan dan Cristien Natalia Gunawan telah jadi seorang anak polyglot (orang yang pandai dalam berbagai bahasa-red).

"Kevin sudah mulai mempelajari bahasa asing sekaligus membaca pada usia dua tahun. Ketertarikannya terhadap angka dan huruf, membuatnya pada belia ini mampu membaca dan berbicara dalam bahasa Inggris," ungkap Roni Irawan di Padang, Jumat.

Dikatakan Roni, dirinya bersama istri, hanya mengajarkan Kevin berbicara bahasa Indonesia sebagaimana orang tua lain mengajarkan anak mereka bicara. "Akan tetapi, anak kami sangat aktif dan sibuk menyusun dan memainkan mainan huruf dan angka-angka," terang Roni.

Karena Kevin yang selalu aktif, Roni merasa khawatir dan sempat menyimpulkan anaknya ini sebagai penderita autis. Akan tetapi, setelah melalui berbagai terapi dan konsultasi, disimpulkanlah Kevin termasuk dalam kategori Gifted Child atau yang lebih dikenal dengan sebutan anak anak berbakat luarbiasa atau anak jenius.

Baca juga: Ilusionis Muda Minang Siap Unjuk Kebolehan

Keaktifan Kevin, juga dibenarkan Helena, Guru TK Barunawati Rawang Padang Selatan, tempat Kevin sekolah saat ini. Menurutnya, Kevin terbilang anak yang istimewa, dikarenakan tingkat kemampuannya di atas rata-rata teman seusianya.

Untuk saat ini, terang wanita yang juga sebagai kepala sekolah ini, Kevin untuk penguasaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sangat fasih baik itu dalam melafaskan maupun menuliskannya.

"Kevin sudah pandai membaca dan menuliskan bahasa Indonesia dan Inggris dengan lancar. Bahkan, karena lancarnya berbahasa Inggris, kami juga termotivasi untuk juga mempelajarinya dengan baik," ujar Helena.

Helena menambahkan, saat ini sekolah lebih memfokuskan Kevin dalam belajar berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekolah dan teman-temannya.

Tentunya tidak hanya cerdas dalam penguasaan bahasa Indonesia dan Inggris, Kevin saat ini secara otodidak menggunakan smartphone, mempelajari dan menguasai bahasa lain seperti Rusia, Arab dan bahasa lainnya yang juga sudah dalam kategori baik.

"Kevin sangat senang mempelajari bahasa-bahasa baru dan menuliskannya langsung. Dia juga punya ketertarikan dengan alat musik dan mengedit vidio menggunakan HP," tambah Cristien, mamanya Kevin.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: