Rakornis TP PKK Asahan, Wabup: Selaraskan Program PKK dengan Visi Misi Kabupaten

Al Imran | Sabtu, 19-11-2022 | 17:54 WIB | 92 klik | Nasional
<p>Rakornis TP PKK Asahan, Wabup: Selaraskan Program PKK dengan Visi Misi Kabupaten<p>

Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar memberi arahan pada Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TP-PKK Asahan di aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jumat. (agus arman tanjung)

ASAHAN (18/11/2022) - Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar menyebut, PKK adalah mitra kerja pemerintah. Diharapkan, PKK terus berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks.

"Saya berharap, program dan kegiatan PKK dapat diselaraskan dengan visi-misi pembangunan Kabupaten Asahan. Sehingga, pelaksanaan program PKK dan pemerintah, dapat selaras dan saling mendukung, bersinergi dan berkesinambungan mulai dari desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten," ungkap Taufik saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TP-PKK Asahan di aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jumat.

Menurut Taufik, suksesnya Program PKK bukan hanya semangat Ketua TP PKK-nya saja. Tapi, juga dukungan penuh dari semua pihak. Oleh karena itu, PKK diharapkan terus berkreasi dan berinovasi dalam pelaksanaan tugasnya.


"Dalam hal ini, saya minta kepada TP PKK dan kader, untuk dapat secara aktif menyosialisasikan pada keluarga yang ada di lingkungan sekitar, agar masyarakat tergerak untuk meningkatkan kualitas keluarga masing-masing dalam berbagai aspek tersebut," ungkap Taufik yang mewakili bupati Asahan.

"Rancanglah kegiatan yang dapat menggugah semangat masyarakat untuk meningkatkan kualitas keluraga sehingga bisa terwujud visi Pemerintah Kabupaten Wsahan 'Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter'," pungkas dia.

Pada Rakornis ini, Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP-PKK Asahan, Yusnila Indriati Taufik, membacakan pidato Ketua TP-PKK Asahan. Dia mengatakan, PKK sebagai mitra kerja Pemkab Asahan, memiliki fungsi strategis, dengan kelembagaan mulai dari tingkat pusat hingga desa bahkan Dasawisma. Tugas utamanya, membantu pemerintah mengatasi permasalahan perempuan dan anak.

Hal tersebut dilakukan dengan merumuskan program implementasi 10 program pokok PKK, menggerakkan kader, membangkitkan gotong royong, turut aktif dalam kegiatan perencanaan di Desa serta peka terhadap isu-isu dan permasalahan terkait yang ada di daerah.

Kegiatan yang dilaksanakan PKK juga disesuaikan untuk mendukung visi Pemerintah Kabupaten Asahan mewujudkan 'Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.'

Yusnila juga mengatakan, TP PKK telah berupaya untuk menyelaraskan program kerja dengan visi dan misi pemerintah. Selain itu, TP PKK juga turut mengembangkan inovasi berbasis teknologi informasi, dalam rangka menggali potensi desa/kelurahan.

"Banyak prestasi yang telah dicapai TP PKK Asahan. Saya harap, prestasi yang telah ada tetap menjadi semangat untuk meningkatkan kinerja, baik dibidang administrasi maupun pelayanan masyarakat," ungkap dia.

"Sehingga, mampu membangkitkan semangat seluruh pengurus dan anggota PKK Kabupaten Asahan untuk berkarya dan melayani bangsa," tambah Yusnila.

Menutup pidatonya, Yusnila mengucapkan terima kasih kepada kepala desa yang beberapa waktu lalu telah mengikuti perlombaan Tertib Administrasi, PAAR dan HATINYA PKK di Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

"Semoga dapat meraih predikat juara. Kepada OPD terkait, dapat melakukan pembinaan-pembinaan ke Tingkat Desa/Kelurahan," harap dia.

Dalam kegiatan tersebut, narasumber Rakornis itu dari BNNK Asahan, Rindu Willia yang merupakan Penyuluh Narkoba Ahli Muda BNNK Asahan. Dia menyampaikan materi tentang penyebaran Informasi dan Edukasi P4GN.

Selanjutnya, dari Dinas P2KBP3A Asahan, Erni Yusnita yang juga Korwil KB Kecamatan Sei Dadap dan Teluk Dalam. Dia menyampaikan materi tentang Pelaksanaan Program Kampung KB di Kabupaten Asahan.

Dinas Pertanian Asahan, Siti Aisyah yang merupakan Sekretaris Dinas Pertanian Asahan menyampaikan materi tentang membuat nugget ikan daun kelor. (pl3)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar