Ini Tips Memastikan Oli Palsu atau Asli

Al Imran | Sabtu, 19-11-2022 | 20:45 WIB | 1101 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Ini Tips Memastikan Oli Palsu atau Asli<p>

Ilustrasi.

PADANG (19/11/2022) - Di berbagai bengkel sepeda motor, selalu menyediakan aneka merk oli sepeda motor. Kadang, montir menawarkan merk oli tertentu, namun dengan perbedaan harga mencolok.

Patut diduga, salah satu dari oli yang ditawarkan itu adalah barang asli tapi palsu (Aspal) alias Oli KW alias barang tiruan.

Berikut 6 cara mengidentifikasi apakah oli itu asli atau tiruan secara kasat mata:

1. Lihat Nomor Identifikasi di Kemasan

Biasanya terdapat nomor ID di tutup botol dan kemasan dari oli mesin. Untuk mengeceknya, Kamu bisa cocokin antara keduanya. Jika Kamu gak menemukan nomor yang sama di keduanya, bisa jadi oli itu palsu.

2. Cermati Label


Memalsukan sebuah produk itu bukanlah hal yang mudah. Kebanyakan dari pemalsu produk akan berusaha menekan biaya produksi seirit mungkin agar mendapat untung yang banyak. Oleh karenanya, sangat mungkin jika label kemasan dari produk palsu terlihat berbeda (bahkan lebih jelek) daripada produk aslinya.

Untuk ini, Kamu memang harus mengetahui bagaimana packaging dari botol oli tersebut. Setelah Kamu melihatnya sendiri, baru deh simpulkan itu oli asli atau tidak. Biasanya kemasan dari oli palsu ini menggunakan sticker bontax standar untuk melabeli kemasannya. Beda dengan produk asli yang menggunakan sticker berbahan dasar vinyl yang lebih kuat.

3. Perhatikan Kemasan Botol

Mendeteksi oli palsu juga bisa dilihat dari kemasan botolnya. Gak jarang mereka membeli botol oli bekas dan menggunakannya lagi untuk kemasan oli yang mereka jual. Jika Kamu mengetahui kondisi botol olinya udah kusam dan jelek, bisa jadi itu salah satu dari oli KW.

Bedanya pun signifikan. Botol dari oli yang asli pasti akan tampak lebih mulus dan fresh daripada produk imitasinya. Lagi -- lagi Kamu harus mengidentifikasi hal ini dengan melihat kemasan oli tersebut.

4. Tutup Oli

Setiap produsen dari oli motor sudah punya teknologi seal untuk tutup dari botol kemasannya. Sekali tutup botol itu dibuka, maka rusaklah seal dari tutup tersebut. Artinya tutup botol ini hanya bisa digunakan sekali saja.

Hal ini yang gak pernah bisa ditiru sama produsen oli palsu. Sistem penguncian tutup botol yang canggih seperti ini masih belum bisa ditiru. Hal ini tentunya bakal mempermudah Kamu untuk menilai asli tidaknya sebuah oli motor.

5. Warna dan Bau

Indikator terakhir dari palsu tidaknya sebuah oli mesin adalah dari warna dan baunya. Untuk warnanya memang macam-macam, karena setiap oli punya teknologi sendiri-sendiri dan hal itu mempengaruhi warna akhir dari produksi oli.

Yang jelas oli yang baru akan terlihat bening dan gak berbau. Sebaliknya, oli palsu akan terlihat sedikit lebih keruh dan berbau gak enak karena oli palsu biasanya dioplos dengan berbagai macam zat. Jadilah bau dari oli KW ini gak enak.

6. Nomor Produksi pada Kemasan Oli Tidak Ada atau Tidak Sesuai

Untuk mengetahui oli palsu, Carmudian juga bisa mengecek nomor produksi di kemasan olinya. Setiap oli selalu mempunyai nomor tersebut di kemasannya, sama seperti produk lain pada umumnya.

Ciri-Ciri Oli Asli

Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh oli asli:

  1. Tutup di desain oleh pabrikan oli menggunakan seal sebagai pengunci tutup botol sehingga tutupnya kencang. Selain itu, tutup botol di desain untuk sekali pakai.
  2. Setiap oli asli memiliki botol oli yang sudah dilengkapi dengan label dan stiker hologram bertanda khusus. Label oli asli biasanya dibuat dari bahan sticker vinyl.
  3. Botol oli biasanya terlihat baru, tidak kusam, tidak ada goresan atau penyok.
  4. Terdapat kode nomor produksi pada kemasan. Apabila Anda cek langsung pada bagian tutup botol dan botol oli maka kode nomor produksi sama. Anda juga bisa mengecek kode tersebut di internet untuk memastikan kode tersebut resmi dibuat oleh pabrikan oli ternama atau bukan.
  5. Oli memiliki warna kekuningan, bening, dan tidak keruh.
  6. Bila Anda mencium bau oli, tidak akan tercium bau aneh seperti gosong.
  7. Oli asli biasanya memiliki harga eceran tertinggi yang memungkinkan harga jual oli hampir sama di seluruh penjuru Indonesia.
  8. Oli asli memiliki kualitas terbaik karena telah diuji sesuai standar kebutuhan kendaraan, baik dari segi daya pelumas, atau segi meningkatkan performa mesin.
  9. Oli asli dapat merawat komponen mesin kendaraan menjadi awet bahkan berumur lebih panjang dari sebagaimana mestinya.

Biasanya, nomor produksi di oli terletak di dua tempat, yaitu di bagian botol dan tutup botolnya. Nomor produksi di kedua tempat ini harus ada dan sama. Ini merupakan indikator pertama yang bisa di pakai untuk memastikan keaslian sebuah produk oli. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar