Nagari Garagahan Gelar Lomba Pasambahan

Minggu, 20 November 2022, 14:21 WIB | Wisata | Kab. Agam
Nagari Garagahan Gelar Lomba Pasambahan
Sekda Agam, Edi Busti menyerahkan hadiah pada panitia lomba pidato adat yang digelar Nagari Garagahan, Sabtu. (humas)

AGAM (20/11/2022) - Pemerintahan Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, gelar lomba pasambahan bagi grup kesenian di nagari itu. Lomba digelar dua hari, Sabtu dan Ahad (19-20/11/2022).

Wali Nagari Garagahan, Darmalion dalam laporannya menyebutkan, lomba pasambahan yang digelar, sesuai dengan visi mewujudkan Nagari Garagahan yang madani, inovatif dan saiyo, menuju Garagahan mandiri, berprestasi nan babudi.

"Kita sangat concern, bagaimana seni budaya Minangkabau di Nagari Garagahan ini tetap lestari," ujarnya.

Hal ini diaplikasikan dengan menggelar Lomba Pasambahan setahun sekali, untuk merangsang grup kesenian yang ada di Garagahan.

Baca juga: 25 Tim Ikuti Lomba Panitahan di SMPN 1, Ini Respon Wawako Bukittinggi

"Ini sudah tahun ke-4, hingga sore pembukaan sudah 5 grup yang mendaftar. Kita prediksi, jumlah ini bertambah, karena pendaftaran masih terbuka," sebutnya.

Menurutnya, seni budaya perlu dilestarikan di tengah masyarakat. Karena sesuai filosofi ABS-SBK, selain agama, adat budaya juga perlu dikembangkan.

Ia berkomitmen, setiap dusun di nagari itu miliki grup kesenian dan di SK-kan oleh nagari. "Guru di grup kesenian ini kita fasilitasi melalui dana nagari," katanya.

Sementara, Sekda Agam, Edi Busti saat membuka acara tersebut menyebutkan, lomba pasambahan yang merupakan wujud kepedulian pemerintah Nagari Garagahan dalam melestarikan adat dan budaya.

Baca juga: Nevi Zuairina Minta Pelajaran Adat dan Budaya Minang Masuk Kurikulum

Dia juga mengapresiasi Nagari Garagahan, menggelar lomba pasambahan karena ini upaya nagari dalam membumikan kembali adat budaya Minangkabau.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: