Nagari Garagahan Gelar Lomba Pasambahan

Al Imran | Minggu, 20-11-2022 | 14:21 WIB | 230 klik | Kab. Agam
<p>Nagari Garagahan Gelar Lomba Pasambahan<p>

Sekda Agam, Edi Busti menyerahkan hadiah pada panitia lomba pidato adat yang digelar Nagari Garagahan, Sabtu. (humas)

AGAM (20/11/2022) - Pemerintahan Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, gelar lomba pasambahan bagi grup kesenian di nagari itu. Lomba digelar dua hari, Sabtu dan Ahad (19-20/11/2022).

Wali Nagari Garagahan, Darmalion dalam laporannya menyebutkan, lomba pasambahan yang digelar, sesuai dengan visi mewujudkan Nagari Garagahan yang madani, inovatif dan saiyo, menuju Garagahan mandiri, berprestasi nan babudi.

"Kita sangat concern, bagaimana seni budaya Minangkabau di Nagari Garagahan ini tetap lestari," ujarnya.


Hal ini diaplikasikan dengan menggelar Lomba Pasambahan setahun sekali, untuk merangsang grup kesenian yang ada di Garagahan.

"Ini sudah tahun ke-4, hingga sore pembukaan sudah 5 grup yang mendaftar. Kita prediksi, jumlah ini bertambah, karena pendaftaran masih terbuka," sebutnya.

Menurutnya, seni budaya perlu dilestarikan di tengah masyarakat. Karena sesuai filosofi ABS-SBK, selain agama, adat budaya juga perlu dikembangkan.

Ia berkomitmen, setiap dusun di nagari itu miliki grup kesenian dan di SK-kan oleh nagari. "Guru di grup kesenian ini kita fasilitasi melalui dana nagari," katanya.

Sementara, Sekda Agam, Edi Busti saat membuka acara tersebut menyebutkan, lomba pasambahan yang merupakan wujud kepedulian pemerintah Nagari Garagahan dalam melestarikan adat dan budaya.

Dia juga mengapresiasi Nagari Garagahan, menggelar lomba pasambahan karena ini upaya nagari dalam membumikan kembali adat budaya Minangkabau.

"Jika tidak dilakukan, maka kita akan kehilangan budaya ditengah perkembangan zaman saat ini, sehingga generasi tidak akan tahu lagi dengan "kato nan ampek" yaitu, kato mandaki, manurun, malereng dan mandata," sebut Edi Busti yang mewakili bupati Agam.

Ditambahkan, lomba yang memberi makna besar bagi seluruh elemen masyarakat itu, sangat besar manfaatnya untuk masa mendatang.

"Semoga program ini terus berlanjut di tahun-tahun mendatang berikutnya," ujarnya lagi

Bumikan Kebudayaan

Lomba pasambahan yang digelar Pemerintahan Nagari Garagahan ini diapresiasi kalangan ninik mamak nagari itu.

"Ini langkah tepat yang diambil Pemeritah Nagari Garagahan dalam melestarikan adat budaya Minangkabau di tengah masyarakat," ungkap salah seorang ninik mamak Nagari Garagahan, Endri Dt Rangkayo Tan Pahlawan.

Menurutnya, ditengah perkembangan zaman saat ini, pengetahuan generasi akan adat budaya sangat minim.

"Bahkan mungkin ada yang tidak tahu sama sekali. Jadi ini yang harus diantisipasi, bagaimana adat budaya terus membumi dan bisa dipahami generasi," sebut Dt Rangkayo Tan Pahlawan yang juga Ketua Badan Musyarawarah (Bamus) Nagari Garagahan.

Selaku Ketua Bamus, lomba pasambahan ini akan tetap dianggarkan melalui dana nagari untuk tahun-tahun berikutnya.

"Ini sudah jadi program tahunan pemerintah nagari. Insya Allah, tahun depan tetap digelar," katanya. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar