Hanya Dilakukan 21 Pemda di Indonesia: Mendagri Apresiasi Padang Panjang Telah Lakukan 6 Langkah Pengendalian Inflasi

Selasa, 22 November 2022, 08:49 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Hanya Dilakukan 21 Pemda di Indonesia: Mendagri Apresiasi Padang Panjang Telah Lakukan 6...
Kabag Perekonomian dan SDA Setdako, Putra Dewangga beserta jajaran, mendengarkan paparan Mendagri Tito Karnavian tentang pengendalian inflasi nasional yang diikuti secara virtual, Senin. (kominfo)

PADANG PANJANG (21/11/2022) - Kendalikan inflasi, pemerintah telah merumuskan enam langkah kongkret untuk mengatasinya. Salah satu dari 21 pemerintahan daerah yang melaksanakan enam langkah tersebut yakni Pemko Padang Panjang

Menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dalam Rakor Pengendalian Inflasi, untuk skala Sumatera, ada enam daerah yang telah melakukan.

Dari data yang dipaparkan, Padang Panjang merupakan satu-satunya daerah di Sumatera Barat yang telah melakukan enam upaya konkret dalam pengendalian inflasi.

"Untuk Pulau Sumatera yang telah melakukan enam upaya konkret dalam pengendalian inflasi yaitu, Kabupaten Tapanuli Utara, Kota Batam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Bungo, Kota Jambi dan Kabupaten Pesawaran," sebut Tito dalam rapat yang digelar, Senin itu.

Baca juga: BI Sumbar Gelar Silaturahmi Idul Fitri, Gubernur: Bencana Alam Pengaruhi Inflasi

Adapun enam upaya konkret dalam menekan pengendalian inflasi yang dimaksud Tito adalah melaksanakan operasi pasar murah, melakukan Sidak, kerja sama dengan daerah penghasil komoditi, gerakan menanam, realisasi BTT dan dukungan transportasi dari APBD.

Kepada Pemda yang belum, Tito meminta agar segera melakukan enam upaya konkret dalam pengendalian inflasi di daerahnya masing-masing, sehingga dapat menekan laju angka inflasi nasional.

"Angka nasional merupakan penjumlahan dari langkah-langkah yang dilakukan semua daerah. Semua harus bergerak bersama. Kalau semua daerah bisa mengendalikan inflasi daerah masing-masing, maka secara nasional nanti akan jauh lebih mudah untuk dikendalikan," imbuhnya.

Tito juga menyampaikan, pentingnya monitoring dan evaluasi mingguan perihal inflasi baik tingkat provinsi maupun kota.

Baca juga: Semarak Ramadhan di Kota Padang Panjang, Dari Itikaf, Berbagi Berkah hingga Tadarusan

"Kalau setiap daerah bisa kendalikan masing-masing, secara nasional jauh akan lebih mudah penanganannya. Ini adalah tujuan rapat hari ini," kata Tito.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: