Pemko Padang Sekolahkan 25 Anak Jalanan ke Yonif 133 Yudha Sakti

Selasa, 22 November 2022, 08:56 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Pemko Padang Sekolahkan 25 Anak Jalanan ke Yonif 133 Yudha Sakti
Sekda Padang, Andre Algamar menyemangati anak jalanan yang akan menempuh pembinaan mental dan spritual di Batalyon 133 YS, Senin. (humas)

PADANG (21/11/2022) - Dinas Sosial bersama Batalyon Infantri (Yonif) 133/Yudha Sakti, berkolaborasi melakukan pembinaan terpadu terhadap 25 orang anak jalanan (Anjal) yang sebelumnya berhasil diamankan petugas Sat Pol PP Padang.

Mereka akan diinapkan selama sepekan ke depan di Mako Yonif 133/Yudha Sakti untuk ditempa dan diberikan pembinaan secara fisik, mental, skill, sosial dan spiritual.

"Pembinaan bagi anak jalan kali ini, merupakan angkatan keempat. Hal ini telah kita mulai sejak 2017 lalu," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Padang, Andree Algamar, mewakili Wali Kota Padang dalam pembukaan kegiatan pembinaan Anjal di lapangan Kompi Senapan A Yonif 133/Yudha Sakti, Senin pagi.

Menurut Andre, pembinaan anjal ini untuk menekan jumlah mereka yang beraktifitas di perempatan jalan atau lampu merah di Kota Padang. Selain itu, juga bagi menekan para kaum remaja yang terlibat maksiat dan perilaku kenakalan lainnya.

Baca juga: Penjual Tisu, Anjal, Gepeng dan Pak Ogah 'Disikat' Satpol PP dari Jalanan

"Masalah anjal merupakan fenomena sosial yang harus disikapi secara baik. Banyak faktor yang menyebabkan mereka bisa sampai seperti itu," sambungnya.

"Berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan selama ini, di samping faktor ekonomi, terutama sekali yang menyebabkan mereka begini dikarenakan keluarganya yang mengalami broken home," jelas Andre didampingi Kadis Sosial, Ances Kurniawan.

Andree mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan instruktur di jajaran Yonif 133/Yudha Sakti, yang ikut mendukung melakukan pembinaan pola terpadu bagi para anak jalanan tersebut. Begitu juga bagi unsur terkait lainnya yang dalam hal ini memberikan penguatan dan pelatihan.

"Alhamdulillah, dari pembinaan yang kita lakukan sejauh ini mampu menuai hasil yang diinginkan. Kita tentu berharap, mereka tidak mengulangi hal sebelumnya dan kembali ke pangkuan keluarga. Dan bagi yang masih usia sekolah agar melanjutkan pendidikannya dengan baik," ucap Andre.

Baca juga: Hamsuardi Pimpin Acara Manjalang Buya Lubuk Landur

"Kita siap mendukung bagi yang putus sekolah untuk dapat bersekolah kembali. Begitu juga bagi yang berminat untuk mengikuti pelatihan keterampilan. Semoga dengan itu mereka kembali ke jalan yang baik dan dapat meraih masa depan yang sukses di masa datang," pungkas Andre.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: