Atasi Inflaso, Padang Bagikan 30 Ribu Bibit Cabai

Al Imran | Selasa, 22-11-2022 | 10:24 WIB | 92 klik | Kota Padang
<p>Atasi Inflaso, Padang Bagikan 30 Ribu Bibit Cabai<p>

Wali Kota Padang, Hendri Septa didampingi Asisten I Edy Hasymi, menyerahkan bibit cabai pada Camat Koto Tangah, Darmalis usai pekan layanan Dukcapil, Senin. (veri rikiyanto)

PADANG (21/11/2022) - Salah satu produk pemicu inflasi di Kota Padang adalah cabai yang harganya acap melambung tinggi.

Upaya menekan angka inflasi akibat cabai, Pemerintah Kota Padang membagikan 30 ribu bibit tanaman berbuah pedas ini.

Penyerahan bibit cabai tersebut dilakukan oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa, seusai membuka Pekan Layanan Dukcapil Padang 2022, di halaman Kantor Camat Koto Tangah, Senin (21/11/2022).


"Pemko Padang terus berupaya menekan laju inflasi, terutama akibat melambungnya harga cabai, untuk itulah hari ini kita berikan sejumlah bibit yang nantinya akan dikelola oleh kelompok-kelompok masyarakat," kata Hendri.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Padang, Syahrial Kamat mengatakan, bantuan yang diserahkan sebanyak 15 ribu bibit cabai di dalam polibag, pada Kelompok Wanita Tani (KWT).

"Kita harapkan, setiap keluarga anggota KWT dapat memiliki 10 polibag bibit cabai untuk dirawat, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga tersebut," kata Syahrial.

Selain itu, urai dia, Pemko Padang melalui Dinas Pertanian juga akan memberi bantuan dana sebesar Rp60 juta untuk delapan hektar lahan kosong bagi pengelolaan cabai.

"Bantuan tersebut berupa upah menanam, merawat dan upah mengolah lahan, serta untuk membeli sarana dan prasarana seperti beli bibit, obat dan pupuk, hasilnya dapat untuk menambah pendapatan pengelolanya nanti," tutur Syahrial.

Selain Dinas Pertanian, bantuan bibit juga diserahkan Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, yang diserahkan oleh Kadis Guswardi, disaksikan Hendri Septa.

"Untuk Dinas Perikanan dan Pangan juga menyerahkan 15 ribu bibit cabai, namun sasaran kita adalah kantor-kantor pemerintah, sekolah dan masyarakat yang bukan anggota KWT," kata Guswardi. (vri)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar