Pertukaran Pelajar Daring 2022

15 Siswa SMPN 5 dan Naval Base Secondary Singapura Saling Bertukar Informasi

Al Imran | Rabu, 23-11-2022 | 12:11 WIB | 197 klik | Kota Padang Panjang
<p>15 Siswa SMPN 5 dan Naval Base Secondary Singapura Saling Bertukar Informasi<p>

Siswa SMPN 5 Padang Panjang, terhubung secara daring dengan rekannya dari Naval Base Secondary, Singapura. Kegiatan berbagi pengetahuan antarnegara pada Selasa ini, merupakan program Online Exchange Programe Indonesia-Singapore. (kominfo)

PADANG PANJANG (22/11/2022) - SMPN 5 Padang Panjang berkolaborasi dan berinteraksi dengan Naval Base Secondary School Singapura dalam ajang 2022 Online Exchange Programe, Indonesia-Singapore.

Kegiatan ini diikuti masing-masing 15 siswa dari SMPN 5 dan Naval Base Secondary, Selasa. Dimulai pukul 09.00 WIB sampai 10.30 WIB.

Kegiatan dibuka Cikgu Lila, salah seorang guru yang mendampingi siswa di Naval School. Ia menjelaskan sekilas informasi tentang sekolah di sana.


Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian empat kelompok yang masing-masing diikuti empat siswa SMPN 5 dan empat siswa Naval School.

Dalam kegiatan itu, siswa Naval School mempresentasikan lima slide tentang informasi sejarah sekolahnya, kegiatan sekolah dan aktivitas di Singapura dan dilanjutkan dengan tanya jawab.

Tampak siswa-siswa SMPN 5 antusias mengikuti kegiatan ini dan mendapat kesempatan memiliki jejaring baru dengan siswa di sana.

Tidak hanya itu guru-guru di SMPN 5 juga mendapat banyak wawasan baru terkait informasi sistem pendidikan di negara tersebut.

Kepala SMPN 5, Milda Guza yang ikut hadir menyaksikan interaksi siswanya itu, mendukung hadirnya kegiatan ini.

"Kegiatan ini bagus bagi siswa maupun guru, karena bisa saling berbagi ilmu dan menambah pengalaman," katanya.

Sementara, Endar Madesa, selaku penghubung antarkedua sekolah mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk saling melatih kemampuan berkomunikasi siswa sekaligus membuka cakrawala dan pengalaman baru. Terutama, untuk mengetahui sistem pendidikan di sana, budaya serta punya jejaring internasional.

"Kegiatan ini akan menambah dan membuka cakrawala baru bagi siswa kita. Mereka yang sebelumnya tidak tahu jadi tahu. Saat interaksi mereka menggunakan bahasa Inggris dan Melayu. Insyaa Allah kegiatan ini akan kita lanjutkan," katanya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar