Pancasila itu Kontrak Sosial Bangsa Indonesia

Al Imran | Rabu, 23-11-2022 | 23:09 WIB | 98 klik | Nasional
<p>Pancasila itu Kontrak Sosial Bangsa Indonesia<p>

Anggota Fraksi Partai Nasdem DPRD Sumatera Utara, dr Mustafa Kamil Adam menyerahkan bantuan pada warga di Kecamatan Medan Marelan, Selasa. (arman piliang)

MEDAN (22/11/2022) - Anggota Fraksi Partai Nasdem DPRD Sumatera Utara, dr Mustafa Kamil Adam berharap, para pemuda dan pemudi millenial, memperjuangkan tujuan dan cita-cita kita, bangsa dan negara yang kita inginkan untuk masa depan.

"Pancasila adalah sebuah ideologi negara dan bangsa Indonesia yang bersifat terbuka. Dalam arti, isi dari Pancasila tidak bisa berubah-ubah sesuai kondisi perkembangan tertentu. Pancasila adalah hasil dari kontrak sosial. Pancasila akan terus berlaku jika bangsa Indonesia masih menyepakatinya secara bersama-sama," ungkap dr Mustafa di Medan, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan dr Mustafa pada acara Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di SMA/SMK Harapan Mekar di Jl Marelan Raya Ps II No 77, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan serta Kader IPA Alwasliyah Kota Medan.


"Pesan saya kepada kita semua, mari menjaga NKRI ini agar negara kita lebih maju dan mencapai tujuan cita-cita yang diharapkan, kedepannya," ungkap dr Mustafa yang duduk di Komisi A DPRD Sumut itu.

Pemateri pada acara Penyebarluasan Ideologi Pancasila Wawasan Kebangsaan ini, Dr Kariaman Sinaga (Dekan Fisip Universitas Dharmawangsa). Acara ini juga dihadiri Ketua Wilayah Liga Mahasiswa NasDem Sumut, Zulhamdani Napitupulu, Liga Mahasiswa NasDem Kota Medan, Muhammad Ichwan, Ketua Kecamatan Medan Marelan, Irwansyah.

Kemudian, Lurah Rengas Pulau-Catur, Muhammad Sarjono, Kepling yang ada dilingkungan Kelurahan Rengas Pulau, Ketua PC Alwasliyah Kecamatan Medan Marelan, Hermawan Dermawan, Kepala Sekolah Harapan Mekar, siswa siswa SMA/SMK harapan Mekar, PD IPA Kota Medan, Ahmad Irham, kader kader IPA Kecamatan Medan Marelan.

"Nasdem khususnya pengurus Kecamatan Medan Marelan, siap berkolaborasi dengan warga, tokoh tokoh pemuda, tokoh tokoh masyarakat untuk menjalan program program kerja Partai NasDem," ungkap Irwansyah.

Disesi acara, ada beberapa pertanyaan yang muncul dari peserta yang hadir. Pembicara DR Kariaman Sinaga menjawab seluruhnya dengan lugas.

Ketua Liga Mahasiswa Nasdem Kota Medan, Muhammad Ichwan mengungkapkan, salah satualasan Pancasiladipilih jadi dasarnegaraIndonesia, karena berasal dari nilai-nilai luhur budaya bangsa dan sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia.

"Pancasila sebagaidasar negarabukan hanya registrasi kepribadian sendiri, tetapi juga pemberi arah bagi masa depan bangsa," pungkas Muhammad Ichwan. (pl3)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar