Percepatan Pembersihan Kawasan Batang Arau, Ini Kata Camat Padang Selatan

Rabu, 23 November 2022, 23:52 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Percepatan Pembersihan Kawasan Batang Arau, Ini Kata Camat Padang Selatan
Camat Padang Selatan, Jasman (baju merah) saat mendampingi Wali Kota Padang, Hendri Septa pada kegiatan pengerukan sedimen di Batang Arau, Rabu. (veri rikiyanto)

PADANG (23/11/2022) - Camat Padang Selatan, Jasman mengatakan, langkah-langkah guna mensinergikan semua lintas sektoral di kecamatan terus digalang, demi suksesnya rencana percepatan pembersihan kawasan Batang Arau.

"Sebelumya, kita bersama lintas sektor di jajaran Pemko Padang telah berhasil mengangkat sejumlah bangkai perahu yang ada di sepanjang pinggiran sungai ini," kata Jasman disela pengerukan sedimen Batang Arau, Rabu.

Menurutnya, seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kecamatan, siap mendukung penuh upaya Pemko Padang dalam membersihkan kawasan Batang Arau.

Jasman menjelaskan, jika selama ini upaya pengangkatan bangkai perahu dilakukan secara manual, maka untuk tahap selanjutnya dengan dukungan peralatan dari BWS V, mengingat besarnya perahu dan berada di dasar sungai.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Selanjutnya, kata Jasman, ia bersama ASN akan fokus pada pembersihan di sepanjang kawasan sungai, seperti pemberishan sampah, maupun pembersihan rumput yang tumbuh di sepanjang bantaran sungai.

Selain melibatkan ASN, Jasman mengatakan, bersama lurah akan menggerakkan potensi masyarat, melalui LPM, RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh agama untuk bersama-sama ikut terjun langsung membersihkan kawasan tersebut.

"Peran serta masyarakat akan kita maksimalkan, nantinya dengan mereka ikut membersihkan, kita harapkan mereka juga yang akan menjaga kebersihannya," sambung dia.

Ia juga akan berkoordinasi dengan para pemilik kapal maupun nelayan yang menambatkan perahunya di sepanjang Batang Arau, untuk bersama mencari solusi agar keberadaan perahu mereka tidak mengganggu proses pengerukan sedimen.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

"Kita tidak ingin program kita mematikan mata pencaharian warga, makanya perlu koordinasi dengan duduk bersama mencari solusi terbaik," imbuhnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: