Audy Minta Kawasan Air Terjun Lembah Anai Ditata Ulang, Ini Bocoran Konsep dari Kadis Pariwisata

Kamis, 24 November 2022, 08:20 WIB | Wisata | Kab. Tanah Datar
Audy Minta Kawasan Air Terjun Lembah Anai Ditata Ulang, Ini Bocoran Konsep dari Kadis...
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy memberikan arahan tentang pengembangan potensi Air Terjun Lembah Anai pada rapat yang digelar Rabu. (humas)

PADANG (23/11/2022) - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy menilai, Lembah Anai di Kabupaten Tanah Datar merupakan sebuah maha karya alami yang selalu mengundang untuk disinggahi.

"Komposisi pemandangan dan air terjun setinggi kurang lebih 35 meter, menjadi salah satu eksotisme tersendiri di Sumatera Barat," ungkap Audy dalam rapat bersama Dinas Pariwisata Sumbar dan beberapa OPD terkait, Rabu.

Meski demikian menarik, terangnya, ketika memasuki musim hujan, meningkatnya debit Air Terjun Lembah Anai seringkali menyebabkan tertutupnya akses jalan karena air yang meluber ke badan jalan. Begitupun dengan areal parkir di sekitar air terjun, kini mulai terasa kurang memadai terutama di musim-musim liburan.

"Penataan ulang kawasan jadi jawaban dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi saat ini dan kedepannya di sekitar Air Terjun Lembah Anai," terang Audy.

Baca juga: Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar Silaturahmi dengan Gubernur dan Wagub, Ini Harapan Mahyeldi

Bagaimana menata ulang, merancang kembali, sekaligus mengoptimalkan Destinasi Wisata Lembah Anai sebagai salah satu destinasi favorit yang sudah ada sejak lebih dari 100 tahun lalu ini perlu segera dilakukan.

Menurut Audy, penataan kembali dan pembaruan perlu diadakan dalam mengatasi masalah-masalah yang kini dialami di Kawasan Air Terjun Lembah Anai. Penataan mulai dari optimalisasi lahan parkir, serta mencegah meluapnya air yang dapat menutup akses jalan.

Dengan merekonstruksi ulang titik-titik masalah yang ada di Lembah Anai serta mengoptimalkannya, upaya ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata baik lokal, domestik maupun mancanegara.

Sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar tanpa mengurangi nilai estetik dari Air Terjun Lembah Anai itu sendiri.

Baca juga: Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan

"Dari dulu, Lembah Anai begitu-begitu saja. Padahal, ini salah satu icon Sumatera Barat. Apalagi ini sangat eye catching. Air terjunnya dekat dengan jalan utama, jadi perlu sekali lebih dikembangkan Lembah Anai ini," jelas Audy.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: