MHQ Agam Diapresiasi Bupati, Ini 6 Pemenang yang Diberangkatkan Umroh

Al Imran | Jumat, 25-11-2022 | 15:12 WIB | 95 klik | Kab. Agam
<p>MHQ Agam Diapresiasi Bupati, Ini 6 Pemenang yang Diberangkatkan Umroh<p>

Bupati Agam, Andri Warman foto bersama dengan pemenang MHQ I tingkat Kabupaten Agam, usai penutupan di lapangan bola Parik Putuih Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kamis (24/11/2022) malam. (humas)

AGAM (25/11/2022) - Bupati Agam, Andri Warman menilai, Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) merupakan gerakan awal dalam meningkatkan SDM di bidang agama dengan melombakan Juz 3, Juz 5 dan Juz 7.

"Ke depan, MHQ ini layak untuk lebih ditingkatkan baik dari sisi jumlah peserta maupun kategori perlombaan," ungkap Andri Warman saat menutup MHQ I tingkat Kabupaten Agam, di lapangan bola Parik Putuih Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kamis (24/11/2022) malam.

Andri Warman juga mengaku bangga, MHQ perdana yang digelar itu terlaksana dengan lancar, meski cuaca musim penghujan.


"Walau ini MHQ perdana, tapi antusias peserta untuk mengikutinya sangat tinggi," ujarnya.

"Tentu kita berharap, gelaran ini diiringi dengan pengembangan rumah tahfiz di Kabupaten Agam," tambah dia.

Namun, jika berkaca dari semangat masyarakat, ia meyakini, 2 tahun ke depan rumah tahfiz di Agam jauh lebih meningkat.

Untuk itu, ia berkomitmen MHQ dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahunnya, supaya generasi lebih termotivasi untuk membaca dan menghafal al Quran.

"Jika banyak penghafal al Quran, tentu akan bawa keberkahan bagi Kabupaten Agam terutama bagi keluarga," katanya.

Camat Ampek Angkek, Ekko Espito selaku panitia pelaksana mengatakan, seluruh tahapan perlombaan berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

"Alhamdulillah, MHQ perdana tingkat Kabupaten Agam di Kecamatan Ampek Angkek bisa terlaksana dengan baik, meski kondisi cuaca kurang bersahabat," katanya.

Ia sampaikan terimakasih pada jajarannya, wali nagari dan jajaran se-Ampek Angkek serta masyarakat yang telah ikut sukseskan MHQ tersebut.

Hadiah Umroh

Enam peserta MHQ ke-1 tingkat Kabupaten Agam ini, mendapat hadiah umrah dari Pemkab Agam.

Keenam peserta itu, masing-masing kategori 3 juz putra M Rifat Mafaza, dari rumah tahfiz M Jihad Surau Pinang. 3 juz putri Kanza Aljanani, dari pondok tahfiz Balai Gurah.

Selanjutnya kategori 5 juz putra Muhammad Shaleh Fauzan, dari pondok Al-Qur'an Cingkariang. 5 juz putri Syakila Khairiya Erisa, dari pondok tahfiz Abu Hafazh.

Kemudian kategori 7 juz putra Azizi Arman, dari pondok Al-Qur'an Surau Ummi Raki'ah. 7 juz putri Annisa Lucki Pratiwi, dari pondok tahfiz Al Hidayah.

"Sesuai janji sebelumnya, peraih juara I MHQ akan diberangkatkan umrah ke tanah suci," ujar Andri Warman saat menyerahkan hadiah Kamis malam.

Jika memungkinkan, katanya, keberangkatan mereka akan diupayakan awal tahun depan. Diharapkannya niat ini bisa terwujud.

"Ini motivasi bagi santri rumah tahfiz, agar lebih meningkatkan kemampuan membaca dan hafalan al Quran," sebutnya.

Tidak hanya itu, peraih juara I juga diberi hadiah uang tunai Rp5 juta, juara II Rp3 juta dan juara III Rp2 juta. Harapan I Rp1 juta, harapan II Rp750.000 dan harapan III Rp500.000.

"Masing-masing ditambah tropi dan piagam. Tidak hanya pemenang, piagam juga diberikan pada seluruh peserta," ulas Camat Ampek Angkek, Ekko Espito selaku panitia pelaksana. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar