40 UMKM Ikuti Coaching Program Rumah Wirausaha

Jumat, 25 November 2022, 15:45 WIB | Bisnis | Kota Padang Panjang
40 UMKM Ikuti Coaching Program Rumah Wirausaha
Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperdakop UKM) latih 40 pelaku UMKM Padang Panjang tentang strategi promosi di sosial media, di Aula Disperdakop UKM, Kamis. (kominfo)

PADANG PANJANG (24/11/2022) - Sebanyak 40 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Padang Panjang, ikuti kegiatan pendampingan (coaching) guna mengelola usahanya agar lebih profesional sehingga mampu menciptakan wirausahawan yang tangguh, mampu memiliki daya saing, kreatif dan inovatif.

Kegiatan ini merupakan program Pengembangan UMKM dari Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperdakop UKM) yang dilaksanakan di Aula Disperdakop UKM, Kamis.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM, Riny Lisdayani menyampaikan, kegiatan ini satu rangkaian pelaksanaan kegiatan Rumah Wirausaha 2022 yang telah dimulai bertahap sejak April lalu.

Dimulai dengan pelatihan kewirausahaan, kemudian dilakukan pendampingan dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pelaku usaha.

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk UMKM Paling Banyak Diminati! Cocok Untuk Ide Usaha di Rumah

"Kita telah menyiapkan materi yang dibutuhkan oleh pelaku usaha seperti membuat rencana bisnis, menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP), motivasi bisnis, menyusun laporan keuangan, kurasi produk, desain kemasan dan branding. Serta materi kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini yaitu pemanfaatan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan produk," terangnya.

Promosi usaha di media sosial, urai dia, merupakan salah satu strategi marketing yang sangat ampuh guna peningkatan omzet dan pengembagan usaha pada saat ini.

Sehingga, pengelolaan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube dan Tiktok menjadi media promosi audio visual yang menarik untuk disuguhkan pada konsumen.

Harry Sulistyo, salah seorang narasumber coaching pemanfaatan media sosial pada materinya menyampaikan diera digital sekarang, setiap orang memiliki smartphone. Sehingga, pelaku usaha jangan sampai lengah memanfaatkan beragam platform media sosial untuk mempromosikan usahanya.

Baca juga: UMKM Lokal Difasilitasi Pameran di HUT Satpol PP ke-74 dan Satlimas ke-62

"Antusias peserta cukup tinggi dengan materi pemanfaatan media sosial ini, kita berharap seluruh pelaku UMKM Kota Padang Panjang bisa menyediakan konten menarik yang bisa membantu calon konsumen memahami produk yang kita jual."

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: