BI dan Pemprov Sumbar Gelar Minang CrEFt 2022, Ini Targetnya

Sabtu, 26 November 2022, 23:59 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
BI dan Pemprov Sumbar Gelar Minang CrEFt 2022, Ini Targetnya
Kepala BI Sumbar, Wahyu Purnama A bersama Mahyeldi (gubernur Sumbar) dan jajaran, saat pembukaan Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt) tahun 2022 di GOR Agus Salim, Sabtu. (veri rikiyanto)

PADANG (26/11/2022) - Mendukung kemajuan pariwisata Sumatera Barat, Bank Indonesia Sumatera Barat telah memberikan bantuan melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada 2 desa Wisata pemenang ADWI 2021.

"BI Sumatera Barat telah menyalurkan bantuan dengan total Rp381,472 juta lebih untuk Desa Apar dan Nagari Sumpur," ungkap Kepala BI Sumbar, Wahyu Purnama A saat pembukaan Minangkabau Creative Economy Festival (Minang CrEFt) tahun 2022 di GOR Agus Salim, Sabtu.

Dijelaskan Wahyu, Desa Wisata Nagari APAR di Kota Pariaman, dibantu senilai Rp230,972 juta lebih berupa boothtruck UMKM yang operasionalnya di kawasan wisata APAR.

Sedangkan untuk Desa Wisata Nagari Sumpur di Kabupaten Tanah Datar, bantuannya berupa sarana dan prasarana pendukung pariwisata, senilai Rp150,5 juta.

Baca juga: Musrenbang Terintegrasi Sumbar 2024, Gubernur: Momentum Menyusun Mimpi Besar Sumbar 2045

"Bantuan ini dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat dan akselerasi program Pemulihan Ekonomi Nasional melalui pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif sebagai salah satu ekosistem penunjang pariwisata," ungkap Wahyu.

Bentuk lain dari dukungan itu yakni penyelenggaraan Minang CrEFt tahun 2022 yang merupakan hasil kolaborasi dengan pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Tema agenda ini "Sinergi & Kolaborasi dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Sumatera Barat, Dari Kito Untuak Kito Basamo."

Kegiatan Minang CrEFt ini, merupakan bentuk dukungan dalam menyongsong VBWS 2023 (Visit Beautiful West Sumatera 2023) yang telah dicanangkan Pemprov Sumatera Barat, Bank Indonesia dan Pemerintah Kab/Kota di Sumatera Barat.

Penyelenggaraan kegiatan Minang CrEFt merupakan komitmen KPwBI Sumatera Barat dalam mendorong pengembangan UMKM dan industri kreatif terus maju dan berdaya saing sehingga mampu menciptakan multiplier effect bagi perekonomian salah satunya mendukung pariwisata yang merupakan sumber perekonomian baru.

Baca juga: Gubernur Sumbar Minta Wali Nagari Gunung Malintang Buat Laporan Detail Alek Bakajang, Ini Sebabnya

Selain itu, kegiatan ini juga diselenggarakan dalam mendukung Bank Indonesia sebagai Movement Manager Gernas BBI (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia) dan Gernas BWI (Gerakan Nasional Berwisata di Indonesia.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: