Dewan Da'wah Sumbar Gelar Pelatihan Da'i, Kesempatan Berhaji atau Umroh jadi Harapan

Senin, 28 November 2022, 11:10 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Dewan Da'wah Sumbar Gelar Pelatihan Da'i, Kesempatan Berhaji atau Umroh jadi Harapan
Ketua Bidang Da'wah dan Penempatan Da'i Dewan Da'wah Pusat, Ahmad Misbahul Anam bersama jajaran pengurus DDII Sumbar dan peserta pelatihan, foto bersama usai penutupan di di aula Yayasan Budi Mulia Padang, Ahad.

PADANG (27/11/2022) -- Ketua Dewan Da'wah Sumbar, Yaswirman menegaskan, da'i adalah tulang punggung dakwah. Mereka adalah manusia shalih yang berusaha sekuat tenaga mengemban amanah menyampaikan pesan Allah SWT ke seluruh manusia dengan potensi yang mereka miliki.

Ada saatnya, terang dia, para juru dakwah ini mengalami kondisi yang melelahkan. Mungkin juga perasaan yang berat, karena tantangan dakwah kadang jauh lebih besar dan cepat, dibandingkan kekuatan da'i itu sendiri.

"Semua potensi ummat perlu disinergikan memperkuat da'i di lapangan dakwah," harap Yaswirman saat menutup Pelatihan Da'i Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia Provinsi Sumatera Barat, di aula Yayasan Budi Mulia Padang, Ahad.

Sementara itu, Ketua Bidang Da'wah dan Penempatan Da'i Dewan Da'wah Pusat, Ahmad Misbahul Anam menegaskan, keberadaan juru dakwah sangat penting di masyarakat sebagai pasak kehidupan.

Baca juga: Dewan Dakwah Sumbar Serukan Selektif Memilih Pemimpin dan Bertoleransi dalam Perbedaan

Ini tergambar dalam firman Allah SWT dalam Q.S. Al-Anfaal ayat 33, yang artinya : "Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu (hai Muhammad) berada di antara mereka, dan Allah tidak akan mengazab mereka sedang (mereka) senantiasa beristighfar (meminta ampun kepada Allah)."

"Menjadi satu pemahaman bahwa, peran juru dakwah itu menstabilkan kehidupan agar kemaksiatan yang akan merusak sendiri kehidupan bisa diminimalisir dan syukur-syukur bisa dihilangkan. Serta menyebarkan kebaikan sampai betul-betul dapat terlaksana dengan baik," urai Ahmad Misbahul Anam.

Sementara, Ketua Panitia Pelatihan Da'i, Anisral didampingi Sekretaris Panitia, Afdhal melaporkan, peserta pelatihan da'i berasal dari Sawahlunto, Tanah Datar, Payakumbuh, Dharmasraya, Kota Solok, Pasaman Barat, Padang Panjang, Bukittinggi, Agam.

Kemudian, Pasaman, Lunang (Pessel), Sipora (Mentawai), Siberut Selatan (Mentawai), Sikakap (Mentawai), Siberut Barat Daya (Mentawai), Solok Selatan, dan Kota Padang.

Baca juga: Santri Islamic Centre Al Quds Gelar Kuliah Umum, Prof Yaswriman: Mahasiswa harus Miliki Kepekaan Sosial

"Terimakasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumbar, Yarsi Sumbar, Kanwil Kemenag Sumbar, Laznas Dewan Da'wah dan tokoh da'wah di Sumbar," ujar Anisral.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: