Politikus PDI Perjuangan jadi Presidium Termuda Majelis Nasional KAHMI

Kamis, 01 Desember 2022, 13:22 WIB | News | Nasional
Politikus PDI Perjuangan jadi Presidium Termuda Majelis Nasional KAHMI
Politisi muda PDI Perjuangan, M Rifqinizamy Karsayuda di arena Musyawarah Nasional XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Munas XI KAHMI) yang pemungutan suaranya dilakukan elektronik (e-voting) pada Ahad, 27 November 2022.

JAKARTA (1/12/2022) - Satu dari 9 orang Presidium Majelis Nasional KAHMI masa bakti 2022-2027 merupakan politisi muda PDI Perjuangan, M Rifqinizamy Karsayuda. Menariknya, baru kali ini ada politikus dari partai nasionalis masuk di jajaran presidium KAHMI. Usianya juga terbilang muda, baru genap 40 tahun pada 6 November 2022 lalu.

Seperti diketahui, selama ini presidium KAHMI lebih banyak diisi politikus Partai Golkar atau partai-partai berbasis Islam. Selain itu, usia 40 tahun merupakan batas usia minimal yang diperbolehkan untuk mencalonkan diri sebagai calon presidium nasional KAHMI.

Pencapaian fenomenal bagi Rifqi, dimana baru beberapa pekan memenuhi batas usia minimal, lalu ikut berlaga dalam kontestasi di Munas, bersaing dengan para tokoh-tokoh senior KAHMI lain, dan puncaknya terpilih sebagai anggota presidium termuda.

"Hal ini membuktikan bahwa KAHMI itu organisasi intelektual muslim yang inklusif, tidak hanya mewakili satu kalangan tertentu. KAHMI itu untuk semua," ujar Rifqi dalam pernyataan tertulis yang diterima, Kamis.

Sosok Rifqi juga terbilang unik, karena ia juga satu-satunya alumni HMI di Fraksi PDI Perjuangan DPR RI masa bakti 2019-2024.

Usai terpilih Rifqi, juga meminta dukungan agar ia bisa mengemban amanah dengan baik. "Mari kita perkuat bersama-sama agar KAHMI sebagai organisasi intelektual muslim bisa menghasilkan gagasan dan pemikiran untuk kemajuan umat dan bangsa Indonesia," pungkas Rifqi.

Meski masih terbilang muda, kiprah Rifqi di KAHMI sebenarnya sudah terentang panjang. Ia pernah jadi Ketua KAHMI Kota Banjarmasin (2011-2016) dan Koordinator Presidium KAHMI Kalimantan Selatan (20150-2020).

Ia sudah aktif di berbagai organisasi sejak mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Rifqi dikenal sebagai aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta kala itu.

Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu, Rifqi mendapat mandat dari PDI Perjuangan sebagai calon anggota DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Selatan I meliputi Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, dan Tabalong.

Rifqi kemudian berhasil meraih suara terbanyak di partainya dan mengantarnya menjadi anggota DPR RI Periode 2019-2024.

Diketahui, Musyawarah Nasional XI Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Munas XI KAHMI) di Kota Palu, telah menetapkan sembilan. Hasil yang didapat setelah melewati pemungutan suara elektronik (e-voting) pada Ahad, 27 November 2022.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: