Workshop KIM, Konten Kreator Youtube Garundang Ikut Berbagi Kiat

Kamis, 01 Desember 2022, 13:44 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Workshop KIM, Konten Kreator Youtube Garundang Ikut Berbagi Kiat
Konten Kreator Sumbar, Verio Hasferi jadi narasumber dalam Workshop Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang digelar Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Sumbar, di Bukittinggi, Rabu. (humas)

BUKITTINGGI (30/11/2022) - Konten kreator Sumatera Barat, Verio Hasferi menyebut, mengetahui terlebih dulu calon penonton sebelum membuat konten di platform media sosial, sangat diperlukan. Bila perlu, lakukan riset sebelum melangkah pada optimasi di sosial media.

"Sebaiknya, kita tahu dulu siapa penonton kita. Disarankan riset terlebih dulu. Cara berkembang masing-masing media sosial itu berbeda, makanya kita harus punya strategi berbeda juga di setiap platform," ujar Verio Hasferi saat jadi narasumber dalam Workshop Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) yang digelar Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Sumbar, di Bukittinggi, Rabu.

Uda Rio, demikian Verio Hasferi disapa, mengatakan, menjelaskan langkah-langkah mengoptimalkan media sosial, khususnya pada platform Youtube, Instagram dan Tiktok.

Secara garis besar, langkah optimalisasi dimulai dengan menetapkan tema atau konsep channel/akun, lalu bangun personal branding, kemudian buat konten related atau umum terjadi di masyarakat. Langkah lainnya adalah kolaborasi dan konsisten.

Baca juga: Dapat Komisi Rp7 Juta dari Shopee Afiliate! Freelance Pemula Ala Ayu Catur

"Konsisten dan ikuti perkembangan zaman. Itu kata kunci sukses di platform media sosial. Harus rutin membuat konten dan jangan lupa hastag akun akun yang sudah besar agar di-share kembali," jelas Uda Rio.

Ia juga mengajak puluhan peserta workshop dari KIM se-Sumbar untuk mencoba memulai dari konten ringan dengan menggunakan HP.

Pada sesi diskusi, para peserta antusias mengajukan berbagai pertanyaan tentang berbagai hal, terutama bagaimana menjadikan potensi di nagari bisa dikenalkan melalui media sosial.

Uda Rio menyarankan agar KIM juga membangun personal branding-nya masing-masing sehingga akan lebih mudah mempromosilan potensi daerah.

Baca juga: Cara Hasilkan Rp100 Juta/Bulan dari Konten Kreator Youtube! Jangan Sampai di Skip

Dalam workshop yang mengusung tema Optimalisasi KIM Melalui Platform Media Sosial tersebut, Uda Rio terbilang sukses membesarkan namanya melalui kanal Youtube Garundang dan akun instagram serta tiktok udario.id.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: