Hujan Lebat, Kabut Asap di Pessel Menipis

Selasa, 03 November 2015, 21:37 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Hujan Lebat, Kabut Asap di Pessel Menipis
Kabut asap menyelimuti pemandangan dari Puncak Langkisau, Pessel, beberapa waktu lalu. (istimewa)

VALORAnews - Hujan mengguyur Kota Painan dan beberapa wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan, beberapa hari terakhir. Berkat hujan yang cukup deras itu, kabut asap kiriman di Pesisir Selatan mulai menipis.

Asap yang sempat melahirkan kebijakan untuk meliburkan sementara pelajar PAUD hingga SMP di Pessel itu, kini telah berangsur makin menipis. Pantauan di Pantai Salido, kecamatan IV Jurai, nelayan setempat kembali melaut seperti hari-hari sebelumnya. Jarak pandang juga kembali normal.

Selain anak-anak mulai sekolah seperti biasanya, pemandangan warga yang mengenakan masker saat berpergian, juga mulai jarang terlihat. Informasi yang diperoleh, kabut asap cukup tebal masih terlihat di daerah Sungai Penuh -- Kerinci.

Kepala Dinas Kehutanan dan SDM Pesisir Selatan, Mazwar Dedi mengimbau masyarakat yang memiliki lahan atau kebun, tidak lagi melakukan pembakaran yang bisa mengganggu kegiatan masyarakat lainnya.

Baca juga: BANJIR PESSEL: PDAM Tirta Langkisau Diskon Tagihan Pelanggan 50 Persen

Hal senada diungkapkan Kepala BPBD Pessel, Pri Nurdin. Mengentisipasi segala kemungkinan, tetap disiagakan peralatan kendaraan pemadam kebakaran berikut petugasnya. Jika terjadi bencana, Pri Nurdin berharap, KSB kecamatan bisa berkoordinasi dengan BPBD secepatnya. (lek)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: