Rusma Yul Anwar: Keterbukaan Informasi Tumbuhkan Kepercayaan Publik pada Pemerintah

Senin, 05 Desember 2022, 23:21 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Rusma Yul Anwar: Keterbukaan Informasi Tumbuhkan Kepercayaan Publik pada Pemerintah
Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar memberikan arahan pada Anugerah PPID Pelaksana 2022 di Painan Convention Center (PCC), Painan, Senin. (tusrisep)

PESISIR SELATAN (5/12/2022) - Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, Rusma Yul Anwar mengapresiasi sanjungan Ketua Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat, Nofal Wiska tentang rutinitas kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) internal keterbukaan informasi yang dilakukan jajaran perangkat daerah.

"Bangga iya, tapi aktualnya adalah dari berkali-kali Monev dan pemeringkatan, masih saja ada OPD, camat dan Wali Nagari belum menjalankan amanah UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," tegas Rusma Yul Anwar pada Anugerah PPID Pelaksana 2022 di Painan Convention Center (PCC), Painan, Senin.

Terus terang, tambah Rusma Yul Anwar, jika UU No 14 Tahun 2008 dilaksanakan secara konkrit, yang terjadi itu makin tumbuh kuatnya kepercayaan publik pada pemerintahan, baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun nagari.

"Jadi, kesadaran badan publik harus terjadi secara fakta, program untuk masyarakat, masyarakat bisa mengaksesnya," tegas dia.

Baca juga: DISKOMINFO Pessel Gelar FPD Renja 2025

"Jangan bersembunyi atau bergelut dalam kain sarung, soal uang rakyat. Proyek pembangunan jangan dibicarakan dalam 'goa' tersembunyi, buka saja semua ke masyarakat luas," ujarnya.

OPD yang tidak dapat peringkat, menurut Rusma Yul Anwar, itu buat malu pimpinan. Karena, yang dinilai Komisi Informasi dan pegiat informasi di Sumbar adalah pimpinan yang komit, konsisten dan punya niat mewujudkan keterbukaan informasi publik.

"Mestinya pimpinan OPD malu tidak mendapatkan prediket dari Monev yang digelar Diskominfo atau PPID Utama tahun ini," urai Rusma Yul Anwar.

Sebelumnya, Nofal Wiska memastikan, Monev internal, Pessel lah satu-satunya menggelar rutin setiap tahun di Sumatera.

Baca juga: 5 Komisioner KI Sumbar Dilantik, Gubernur Ingatkan Soal Disinformasi dan Missinformasi

"Tahun depan, ada kabupaten tetangga Sumbar yang mau gelar, saya sarankan untuk study trip ke Kominfilo Pessel dulu, karena di Pessel itu keterbukaan informasi sudah jadi budaya lembaga di Pemkab Pessel," ungkap Nofal.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: