Wagub Sumbar Antarkan Rp12 Miliar Insentif Guru Mentawai dengan 'Tunggangi' Jet Ski

Senin, 05 Desember 2022, 21:07 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Wagub Sumbar Antarkan Rp12 Miliar Insentif Guru Mentawai dengan 'Tunggangi' Jet Ski
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi secara simbolis serahkan bantuan insentif bagi guru SMA sederajat di salah satu daerah kategori 3T di Sumbar, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin. (daniwarti)

MENTAWAI (5/12/2022) - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi 'tunggangi' Jet Ski dari Padang menuju Tua Pejat Mentawai, Senin. Dalam kunjungan kerjanya sehari itu, Audy kunjungi sejumlah tempat wisata sekaligus menyerahkan bantuan insentif bagi guru daerah 3T itu senilai Rp12 miliar.

Dalam perjalanannya ke Mentawai, Audy didampingi beberapa pengendara Jet Ski lainnya di sepanjang perjalanan membelah Samudera Hindia. Di Tua Pejat, ibu kota Mentawai, Audy dan rombongan disambut Pj Bupati Mentawai, Martinus Dahlan.

"Bantuan ini merupakan program Pemprov Sumbar bagi guru-guru SMA di daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3 T). Bantuan ini akan dicairkan pada Desember 2022 ini juga," ungkap Audy saat penyerahan secara simbolis di aula kantor bupati Mentawai.

Dijelaskan Audy, uang sebanyak Rp12 Miliar itu, akan diberikan pada 400 orang guru SMA dan SMK yang tersebar diseluruh Kabupaten Kepulauan Mentawai. Besaran insentif yang akan diterima guru dari bantuan ini Rp2,5 juta per bulan.

"Jadi, masing-masing guru akan menerima Rp30 juta per orang per tahun. Adapun guru yang menerima itu di antaranya guru PNS, P3K maupun guru honor. Dana ni akan disalurkan melalui rekening mereka masing-masing," ungkap Audy.

Selain itu, Audy juga menyalurkan bantuan dari PT PLN wilayah Sumbar berupa token listrik gratis dan bantuan beasiswa sebesar Rp18 juta rupiah untuk 18 orang pelajar Mentawai berprestasi. Juga diserahkan bantuan 3 unit kompor listrik dan air frayer.

Usai penyerahan bantuan ini, Audy berkesempatan mengunjungi beberapa resort wisata di Mentawai. Diantaranya, Awera, Nasara dan Aloita.

Pj Bupati Mentawai, Martinus Dahlan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Pada kesempatan itu, Martinus juga berharap, Mentawai segera lepas dari statis daerah 3T.

Usai penyerahan bantuan, Audy juga mampir di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan, melihat pelaksanaan Pasar Murah. (dni)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: