29 Lembaga Penyiaran Kirimkan Karya Terbaiknya di Anugerah KPID Sumbar 2022

Selasa, 06 Desember 2022, 16:25 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
29 Lembaga Penyiaran Kirimkan Karya Terbaiknya di Anugerah KPID Sumbar 2022
Ketua KPID Sumatera Barat, Rahmadi Sutrisno didampingi anggota memberikan keterangan pers tentang Anugerah KPID Sumatera Barat 2022, Selasa. (mangindo kayo)

PADANG (6/12/2022) - Sejumlah karya dari 29 Lembaga Penyiaran (LP) di Sumatera Barat, ikuti seleksi Anugerah KPID Sumatera Barat 2022. Malam penganugerahannya akan digelar di aula kantor gubernur Sumatera Barat, Rabu (7/12/2022).

"Sebanyak 17 LP televisi dan 12 LP radio telah mengirimkan karya-karya terbaiknya di penyelenggaraan kelima ini," ungkap Ketua Panitia Pelaksana Anugerah KPID Sumbar 2022, Ficky Tri Saputra, di Padang, Selasa.

Jumlah ini menurun dibanding penyelenggaraan tahun sebelumnya. Walau berkurang, tambah komisioner KPID Sumbar, Robert Cenedy, kualitasnya jauh lebih baik dari empat kali penyelenggaraan sebelumnya.

"Periode awal award, sejak dari penyeleksian karya, tim juri sudah bisa merasakan karya yang akan jadi pememang. Namun, kali ini, kami sebagai juri cukup kesulitan," ungkap Robert.

Baca juga: Gubernur Minta KPID Sumbar Antisipasi Penyebaran Hoaks di Lembaga Penyiaran Selama Pemilu

"Bahkan, tak sedikit karya yang akhirnya memiliki nilai skoring sama, sehingga dibahas lebih detail lagi, untuk menentukan karya yang benar-benar jadi pemenang," ungkap Robert Cennedy.

Menurunnya jumlah peserta, ungkap Robert, berdasarkan konfirmasi yang dilakukan ke LP, tersebab kendala pendanaan untuk memproduksi siaran.

"Menurunnya pendapatan LP karena pandemi Covid19, merupakan alasan mayoritas dari 90 LP di Sumatera Barat. Sehingga, mereka tak mengikutkan karyanya," ungkap Robert.

Pada penganugerahan tahun 2022 ini, terdapat dua kategori baru yakni Program Budaya Terbaik untuk kategori program siaran dan konten kreator terbaik untuk kategori khusus. Secara umum, penghargaan program siaran terdapat 7 kategori dan penghargaan khusus (9 kategori).

Baca juga: KPID Sumbar dan Bawaslu Bangun Kesepahaman Jelang Masa Kampanye Pemilu 2024

Anugerah KPID Sumbar 2022:

I. Kategori program siaran (TV dan Radio)

  • 1. Program Berita terbaik
  • 2. Program Talkshow terbaik
  • 3. Program Feature Terbaik
  • 4. Program Anak terbaik
  • 5. Program Budaya terbaik
  • 6. Program Religi terbaik
  • 7. Program Iklan Layanan Masyarakat (ILM) terbaik

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: