Plt Sekda Mentawai Hadiri Rakor Pencabutan PPKM Bersama Wamendagri

Rabu, 04 Januari 2023, 22:54 WIB | Kabar Daerah | Kab. Mentawai
Plt Sekda Mentawai Hadiri Rakor Pencabutan PPKM Bersama Wamendagri
Sekda Mentawai, Rinaldi didampingi pejabat terkait bidang kebencanaan, mengikuti rapat virtual pencabutan status PPKM bersama Wamendagri, John Wempi Wetipo, Senin. (humas)

MENTAWAI (2/1/2023) -- Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Mentawai, Rinaldi mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang dipimpin Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, dari Pendopo KP3B, Curug, Kota Serang, Senin.

"Mari kita sama-sama gulirkan lagi perekonomian yang terdampak parah selama Pandemi Covid19," ajak Rinaldi yang hadir mewakili Pj Bupati Mentawai yang berhalangan ikut secara langsung.

Rapat Koordinasi secara virtual ini dihadiri gubernur seluruh Indonesia, Sekda dan pimpinan perangkat daerah yang membidangi urusan Kesehatan, Perekonomian dan Badan Penanggulangan Bencana.

Sementara itu, Menko Maritim dan Investasi, Luhut Pandjaitan mengungkapkan berdasarkan keputusan Inmendagri No 50 dan 51 Tahun 2022, terdapat beberapa upaya yang harus tetap dilakukan oleh pemerintah daerah meskipun PPKM sudah dicabut.

Baca juga: Ketua PA Lubuk Basung Silaturahmi dengan Bupati Agam, Ini Harapan Andri Warman

Upaya tersebut di antaranya terus melakukan monitoring terhadap penyebaran dan gejala Covid-19, pemberian obat-obatan dan vitamin yang terus berlanjut, vaksinasi dan pemberian bantuan sosial (Bansos) yang tetap digulirkan untuk membantu memulihkan perekonomian masyarakat.

"Dengan hal tersebut kita bisa menunjukan Indonesia ini besar dan mampu menyelesaikan masalah secara kompleks sekaligus," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyatakan, pencabutan PPKM ini merupakan salah satu program pemerintah dari keseluruhan strategi dari pandemi menjadi endemi.

Sehingga Budi berharap, Pemerintah Daerah mampu mengharmonisasikan pencabutan PPKM kepada masyarakat dengan seragam.

Baca juga: Tim Pemenangan Rakyat: Ganjar-Mahfud, Representasi Keberanian dan Komitmen untuk Bangun Masa Depan yang lebih Baik

"Ada 3 hal penting yang harus dikomunikasikan ke masyarakat selepas PPKM ini dicabut, yakni tetap mengingatkan partisipasi masyarakat yang terus meningkat, menjaga kesehatan diri sendiri dan kelompok, serta mengetahui penyakit-penyakit yang ada dilingkungan kita," pungkasnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: