Wabup Agam Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri

Selasa, 07 Maret 2023, 13:27 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Wabup Agam Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri
Wabup Agam, Irwan Fikri bersama sejumlah staf, mengikuti Rakor pengendalian inflasi daerah, yang digelar secara virtual, di aula kantor bupati, Senin (6/3/2023). (humas)

AGAM (7/3/2023) - Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi daerah, yang digelar secara virtual, di aula kantor bupati, Senin (6/3/2023).

Rakor ini dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian dan dihadiri kepala daerah se-Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Mendagri menyampaikan perkembangan terkait situasi dan dampak inflasi di beberapa negara dan Indonesia.

Dikatakan, berdasarkan data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS), perkembangan inflasi Indonesia per Februari 2023 lebih rendah dari bulan sebelumnya.

Baca juga: Ketua TPPS Agam Tinjau Bayi Stunting di Jorong I Siguhung

"Pada bulan Januari menunjukkan angka sebesar 0,34 persen, sedang pada Februari sebesar 0,16 persen. Sementara angka inflasi untuk per tahunnya meningkat dari 5,28 persen menjadi 5,47 persen," ujarnya.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat sebesar 5 persen."Saat ini Indonesia peringkat 143 dari 186 negara di dunia, jika diurutkan dari angka inflasi tertinggi hingga terendah," jelasnya.

Kepada seluruh kepala daerah, Mendagri berpesan agar dapat selalu memonitor perkembangan inflasi di daerahnya masing-masing.

Dijelaskan, penyumbang inflasi terbanyak berasal dari kelompok makanan, minuman dan tembakau.

Baca juga: Ini Bocoran Andri Warman Terkait Penyebab Mundurnya Irwan Fikri dari Kursi Wakil Bupati

"Untuk mengendalikan inflasi, harus memperkuat kerjasama antar daerah, melalui pemenuhan komoditas dari daerah yang surplus dengan daerah yang kekurangan komoditas serta menjalin koordinasi untuk mengatasi hambatan dan kendala tranportasi barang-jasa," harapnya. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: